Mohon tunggu...
Reza Nursaid
Reza Nursaid Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Gaya Hidup Mahasiswa Zaman Sekarang Makin Optimal dengan Modem Wifi M5

16 November 2017   22:39 Diperbarui: 16 November 2017   23:14 1360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan nama ku Reza, Ini adalah kisah nyata-ku sebagai mahasiswa tingkat akhir di salah satu kampus di Jakarta.

 Aku adalah #MahasiswaZamanNow yang tidak pernah lepas terhubung ke dunia maya dari bangun tidur sampai tidur lagi. Oh iya, hampir lupa, Pekenalkan juga hape triji kesayanganku namanya Samsul. Samsul ini adalah hadiah dari babeh-ku, hape ini akan selalu aku pakai karena sejak SMA gawai ini selalu menemaniku kemana saja, sudah banyak kenanganku bersamanya. Dan aku malas menjualnya, karena dengan menjual hape ini berarti menjual kenangan. 

Di era #MahasiswaZamanNow si Samsul sering jadi bahan bullykarena koneksinya masih triji,namun aku tetap memakainya sambil mencari gawai apa yang cocok jadi "pasangan" si Samsul supaya melahirkan koneksi yang berlimpah, mawadah, wa semringah. Aku rasa, kisah pencarian si Samsul mencari jodohnya layak untuk disimak. Cekidot.

Waktu menunjukan pukul empat subuh, bunyi alarm dari hape triji ku berdering kencang. Kalau aku langsung menatap jendela dan menikmati embun subuh berarti bukan #MahasiswaZamanNow namanya, yang ku tatap pertama kali adalah Google Calendar. "Haduh sinkronisasinya lama banget yaa", keluhku hampir setiap pagi. Masalah selesai ketika aku keluar rumah dan menemukan sinyal triji hapeku, tapi kadang aku berpikir sampai kapan aku harus begini terus. Seandainya aku jadi komisaris terus mau buka jadwal meeting aja susah, bisa turun kasta jadi manager pemasaran. Wkwkwkwk #KetawaZamanNow.

Oke lanjut. Habis solat subuh #MahasiswaZamanNow gak Cuma pikirin dunia, kalau kata AA sih hidup ini cuma sementara dan akhirat segalanya. Itulah motivasiku buka video ceramah di Youtubetiap subuh, masalahnya haduh wajah ustadnya kok buram ya setelah ku cek eh ternyata resolusi gambarnya cuma 144p. rasanya persis seperti sedang menonton "video 3gp" yang zaman dulu identik dengan video esek-esek.

a-5a0dae5dade2e135d44bfe34.png
a-5a0dae5dade2e135d44bfe34.png

Jiwa sudah diasah, sekarang giliran raga yang harus ditajamkan. Dari sekian banyak jenis olahraga, Cuma satu yang kusuka yaitu jogging. Yap, jogging adalah pilihan-ku karena aku tergolong orang yang tidak suka olahraga keroyokan. Jogging juga asik di kantong karena tidak perlu alat mahal dan bisa dilakukan kapan saja. Tapi sebagai #MahasiswaZamanNow jogging belum lengkap tanpa ditemani musik yang sesuai mood kita. 

Karena koneksi triji ku bapuk,aku putuskan download spotify di rumah tetangga yang wifi di rumahnya kencang sebelum jogging,sayangnya pas aku jogging sambil streaming eh musiknya putus-putus. Kadang aku berpikir seandainya wifi rumah tetanggaku yang kencang itu bisa dibawa jogging bersamaku. Ah sudahlah itu tidak mungkin, mana mungkin aku jogging sambil gulung-gulung kabel fiber optik keliling kompleks perumahan.

foto423-5a0db01a5a676f1c3325cd82.jpg
foto423-5a0db01a5a676f1c3325cd82.jpg

Habis jogging, makan, kita bersiap berangkat ke arena tempur kita, yap apalagi kalo bukan kampus. Si Revi motor bebek kesayanganku siap ku tunggangi, tapi kok aku gas si revi diam saja ya. Sepertinya si Revi sedang sakit, businya demam seperti hari-hari sebelumnya. Waduh, harus pilih angkutan yang tepat nih untuk menuju kampus. Ku-pilih lah ojek online, ku usap-usap si Samsul, ku cari ikon berwarna hijau, ku pesan lah ojeknya. 

Oh tidak, GPS tidak berfungsi baik karena internet triji si Samsul lemot. Terpaksalah ku datangi wifi rumah tetanggaku lagi yang tadi pagi, cuma buat pesan ojek. Seandainya aku jadi Presiden, pasti aku sudah turun kasta jadi gubernur kalau ke kampus aja telat cuma gara-gara pesan ojek.. wkwkwk #KetawaZamanNow.

Sesampainya di kampus, dosen menyuruh kami untuk membuat sebuah "litte circle", waktunya kita berdiskusi dan mempersiapkan bahan untuk presentasi bersama teman sekelompok. Tapi ada masalah lagi nih timbul, 3 dari 5 orang temanku gak bisa konek ke wifi kampus. 

Maklum saja, dalam satu gedung saja kampusku punya 1000an mahasiswa fakir kuota yang konek secara bersamaan. Secara teori, (asik mulai sok pinter gue) satu router kampus itu paling cuma sanggup menangani 200an mahasiswa dengan aktivitas standar. Padahal kenyataannya jumlah mahasiswa yang konek bisa sampai 1000an, udah gitu wifinya tidak di password, udah gitu pakainya bukan cuma buat browsing tapi juga streaming, udah gitu warga sekitar kampus banyak juga yang konek ke wifi kampus. Waduh, kacau betul ya koneksi kita kalau hanya mengandalkan wifi kampus, mana sekarang lagi perlu banget buat diskusi.

img028-5a0daf8263b2483f686070e2.jpg
img028-5a0daf8263b2483f686070e2.jpg

Pulang dari kampus karena sudah santai kupilih naik "busway", lagi asik chatting sama do'i eh baterai hape habis. Gak asik banget ya, padahal aku udah ngetik I...LOVE...eh belum ngetik U udah matot.  Sialnya lagi, ini power bank punya-ku kapasitasnya kecil banget. Gara-gara tadi di kamus dipijam temen, eh udah abis gak tersisa power buat hape-ku sendiri. Syedih rasanya hiks hiks #TangisZamanNow

Pulang ngampus aku nongkrong sama teman akrab-ku namanya Acil (nama samaran). Acil adalah teman-ku yang paling hits banget. Bayangin, followers IG 3k, Twitter 4k, dan yang paling cetar akun Youtube dia sampai 10k SUBSCRIBER. Mantap jiwa, bukan?

Tiap hari si Acil ini kerjanya live instagram, kadang dia suka dapat "endors" dari produk sampo kucing, pokoknya produktif banget deh. Hebatnya lagi, dia kalau upload dan live streaming gak harus pakai wifi rumah. Pernah kami berdua lagi jalan-jalan di taman kota, tidak sengaja melihat festival atraksi drone. 

Tanpa pikir panjang dia langsung live HD, bikin liputan sendiri. Persis kaya reporter stasiun TV profesional padahal amatiran. Saat itu juga rekaman video itu langsung dikirim ke citizen juralism berita TV, besoknya stasiun tv menayangkan liputannya. Gak sampai disitu, pihak stasiun TV lusanya langsung nelpon. Mereka tanya nomor rekening untuk transfer honor video yang dikirim kemarin. "Asik banget ya nyari duit kaya gitu, seandainya aku punya koneksi kenceng kaya gitu", ucap hatiku yang sedang iri dengki saat itu (efek karena nonton video ceramah agama putus-putus jadi dengki kaya gini).

Wah si Acil  lagi santai sambil ngopi nih sore-sore di depan rumahnya, enaknya aku tanya-tanya nih apasih rahasia dia bisa hits terus. Si Acil langsung mengeluarkan benda mungil nan elegan dari kantong celanaya. Mulailah saya kepo, kami berdiskusi sengit, saling menentang, persis kaya debat lintas agama yang lagi trend. Aku disini Reza disingkat (R) dan Acil (A).

content-carousel-m5-01-01-5a0db0a52599ec036c3135d2.png
content-carousel-m5-01-01-5a0db0a52599ec036c3135d2.png

R: Apaan tuh?

A: ini mifi Smartfren M5 

R: Apa, mifi? Kalo mifi aku juga punya dirumah gak kepake. Males isinya, udah kuotanya mahal trus batrenya abis terus. Jadi males pakainya.

A: Yang ini beda gan, ini modem baru dari Smartfren, banyak kelebihannya. Kuotanya juga murah loh, baru beli aja langsung dapat kuota gratis sampai 150GB.

R:  Mantap jiwa gan, tapi paling yang banyak "kuota kalong" nya kan?

A: Eits, jangan fitnes, eh fitnah ente. Ini 150GB bisa dipakai 24 jam loh selama setahun.

R: Rancak banar itu barang, ngomong-ngomong harganya berapa?

A: Harganya sih 999 ribu gan, tapi worth it kok. Ini bukan mifi biasa. Bisa jadi power bank, bisa jadi storage sharing, trus speed 4G nya beneran 4G gan. Teknologinya sudah 4G LTE Advanced. Jaman sekarang kita harus Live Smart gan, gak cukup beli mifi yang biasa-biasa aja. 

content-carousel-m5-01-03-5a0db0bd8325cc2e7b5d11b2.png
content-carousel-m5-01-03-5a0db0bd8325cc2e7b5d11b2.png

R: Wah yang bener? Kalo aku punya pasti aku gak sial lagi nih seharian.

A: Emang kenapa bisa sial broh?

Aku (R) mulai curhat :

  • Tadi aku bangun tidur ngecek google calendar, kalo punya mifi ini pasti enak tuh sinkron jadwal seketika langsung muncul
  • Tadi aku denger video ceramah agama tapi sensasinya kaya nonton video esek-esek karena resolusinya kecil, kalo pakai mifi ini pasti gambarnya HD
  • Aku gak perlu ke wifi rumah tetangga lagi buat download aplikasi besar, kan kuota Smartfren M5 banyak.
  • Kalo setel video aja lancar apalagi streaming musik, cocok banget nih mifi dibawa jogging. Serasa bawa modem fiber optik kemana-mana.
  • Mau diskusi di kampus pasti gampang ya kalau mau tukar-tukaran revisi tugas di kelopok kecil. Mifi ente udah dukung storage sharing soalnya.
  • Trus ane gak bakal kehabisan baterai hp soalnya mifi sama powerbank jadi satu. Gak perlu ribet bawa satu-satu.

A:  Baguslah kalau kamu sudah dapat hidayah..hahaha

R: Alhamdulillah ya MIFI Smartfren M5 sesuatu banget. Besok ane pinang deh si Samsul ane sama mifi M5 Smartfren.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun