Mohon tunggu...
Reza Nur Shadrina
Reza Nur Shadrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Manajemen FEB Undip

KKN TIM II UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Bantu UMKM Go-Digital di Tengah Pandemi Covid-19

2 Agustus 2021   21:35 Diperbarui: 2 Agustus 2021   22:40 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magelang–Kegiatan promosi merupakan faktor penentu dalam meningkatkan penjualan bagi seluruh jenis usaha, baik usaha yang berskala kecil maupun usaha yang berskala besar. 

Di masa seperti sekarang ini, terlebih di tengah pandemi covid-19 yang kian parah, hal ini tentu membuat para pelaku usaha (UMKM) menjadi sulit untuk mengembangkan usahanya karena mayoritas dari mereka sangat bergantung pada sistem berjualan secara langsung, baik itu di pasar maupun berkeliling dari rumah ke rumah. Hal itulah yang membuat pendapatan dari kalangan UMKM ini semakin hari kian menurun.

Seperti yang dialami oleh UMKM getuk lindri Bu wiwin. Bu wiwin adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus pemilik dari usaha getuk lindri yang berada di lokasi kkn, tepatnya di Jambon Kidul, RT 03/RW 05, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. 

Bu wiwin sudah memulai usahanya sejak tahun 2018 sampai sekarang. 

Selama ini dalam memasarkan produknya, Bu wiwin hanya mengandalkan sistem berjualan secara langsung seperti menitipkannya di pasar, di toko-toko, ataupun menawarkannya secara langsung ke tetangga sekitar saja. 

Sistem berjualan seperti itu tentu menjadi resiko yang cukup buruk di tengah kondisi pandemi yang mengharuskan pembatasan kontak sosial (social distancing), terlebih semenjak diadakannya PPKM darurat seperti sekarang ini karena dapat meningkatkan intensitas penyebaran virus Covid-19. 

Hal tersebutlah yang kemudian menyebabkan beliau mengalami penurunan pemasukan akibat pemberlakuan PPKM dan juga pembatasan jarak ini. Hal inilah yang kemudian mendorong dilakukannya program kegiatan pelatihan pemasaran berbasis online atau digital marketing pada UMKM di lokasi KKN. 

Hal itu karena program kerja tersebut merupakan salah satu cara alternatif yang dianggap cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kegiatan Edukasi dan Pelatihan, Dokpri
Kegiatan Edukasi dan Pelatihan, Dokpri
Dari kegiatan pelatihan digital marketing yang telah dilakukan pada beberapa UMKM ternyata semuanya mendapatkan respon positif dari para pelaku UMKM. 

Salah satunya Bu Wiwin, selaku pemilik UMKM getuk lindri yang merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa dari Undip yang mau mengajarkan bagaimana memanfaatkan digital marketing pada UMKM miliknya. 

Kegiatan Edukasi dan Pelatihan, Dokpri
Kegiatan Edukasi dan Pelatihan, Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun