Mohon tunggu...
Reza AlMuzakki
Reza AlMuzakki Mohon Tunggu... M. Reza al muzakki

@rezaalmuzakkii

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hebatnya Pancasila, Tantangan dari Dalam dan Luar Dapat Dihancurkan

19 April 2021   17:22 Diperbarui: 19 April 2021   18:16 22 0 0 Mohon Tunggu...

Para pendiri Indonesia sudah menyadari bahwa bangsa ini terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Sangat diperlukan dasar negara sebagai pedoman untuk menyatukan perbedaan yang dimiliki Indonesia.

Dasar negara tersebut tergabung menjadi satu menjadi Pancasila yang berarti lima dasar. Dalam Pancasila terdapat penjelasan tentang kehidupan beragama dan berbudaya yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi serangan untuk memecah belah persatuan.

Seperti yang kita ketahui, dalam sejarahnya, Indonesia memiliki pengalaman-pengalaman pahit yang sangat menyedihkan untuk diingat. Sangat banyak tantangan-tantangan keras yang dilalui oleh para pejuang untuk mempertahankan hak-haknya sebagai warga negara republik Indonesia. Tantangan tersebut tercipta mulai dari luar hingga dari dalam negeri.

Mulai dari tantangan luar negeri akibat agresi militer Belanda, Pancasila berhasil kuat, dan memberikan rasa persatuan kepada rakyat Indonesia di awal-awal kemerdekaan.

 Dan hingga masa orde lama sampai baru, Pancasila mendapat tantangan kembali dari dalam negeri, kekejaman PKI yang mau menggantikan Pancasila menjadi ideologi Komunis berhasil ditumpas. Dan diperingatkan 30 September hari Kesaktian Pancasila.

VIDEO PILIHAN