Mohon tunggu...
Reza MuhammadFadhli
Reza MuhammadFadhli Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Penggemar Sepakbola Lokal dan Budaya Pop

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN Tematik UPI Menggambarkan Kondisi Kelurahan Cijerah Terbaru Melalui Peta Batas Kelurahan

10 Agustus 2022   04:44 Diperbarui: 10 Agustus 2022   04:55 226 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Koordinasi pembuatan peta dengan Linmas Cijerah. Sumber: Dokumen pribadi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia resmi dibuka pada (5/7/2022) dengan mengusung tema "Partisipasi Mahasiswa dalam Menguatkan dan meningkatkan program SDG.S Desa dan Rekognisi MBKM-Puspresnas Kemdikbudristek". Ribuan mahasiswa disebar untuk terjun langsung ke banyak desa/kelurahan selama 1 bulan sebagai wujud nyata dari insan intelektual yang siap membangun bangsa melalui penerapan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan.

Para mahasiswa KKN Tematik UPI terbagi ke dalam lebih dari 150 kelompok untuk membantu memberdayakan masyarakat desa/kelurahan menurut subtema yang telah ditentukan bagi masing-masing kelompok. Para mahasiswa tersebut akan melaksanan berbagai program kerja yang telah diusung sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Seperti itu pula yang dilakukan oleh Kelompok 48 KKN Tematik UPI. Melalui subtema "Desa Tanggap Budaya", Kelompok 48 KKN Tematik UPI berupaya untuk menguatkan lembaga kelurahan melalui program pembaharuan peta batas Kelurahan Cijerah yang merupakan lokasi KKN kelompok ini.

Peta batas kelurahan yang sudah usang, dibuat kembali dengan mengikuti kaidah-kaidah pembuatan peta dan memuat informasi yang lebih baru seputar kewilayahan di Kelurahan Cijerah. Berbagai sumber informasi terkait kewilayah Kelurahan Cijerah diperoleh dari berbagai sumber, seperti Badan Informasi Geospasial, Bandung Smart Map, dan dialog langsung dengan Linmas Kelurahan Cijerah.

Pembaharuan peta batas Kelurahan Cijerah dilakukan dengan mengolah berbagai informasi kewilayahan melalui software sistem informasi geografis bernama ArcGIS. Melalui software tersebut, informasi kewilayahan seperti batas kelurahan, batas Rukun Warga (RW),  serta fasilitas masyarakat dapat dimasukkan dan menghasilkan luaran, yaitu peta.

Hasil pembuatan peta batas Kelurahan Cijerah. Sumber: Dokumen pribadi
Hasil pembuatan peta batas Kelurahan Cijerah. Sumber: Dokumen pribadi

Peta dalam bentuk fisik telah diserahkan secara resmi ke lembaga-lembaga kelurahan, yaitu Linmas dan Puskesos pada Rabu (3/8/2022). Peta terbaru batas Kelurahan Cijerah yang dibuat oleh mahasiswa Kelompok 48 KKN Tematik UPI ini diharapkan dapat membantu menggambarkan kondisi lingkungan Kelurahan Cijerah, terutama bagi para perangkat dan lembaga kelurahan dalam melaksanakan tugasnya. Melalui bantuan peta tersebut, para perangkat dan lembaga kelurahan diharapkan pula dapat memperhatikan kondisi warganya di perbatasan wilayah administratif Kelurahan Cijerah yang dikhawatirkan luput dari perhatian.

Penyerahan Peta Batas Kelurahan Cijerah kepada Lembaga-lembaga di Kelurahan. Sumber: Dokumen pribadi
Penyerahan Peta Batas Kelurahan Cijerah kepada Lembaga-lembaga di Kelurahan. Sumber: Dokumen pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan