Mohon tunggu...
Reynalda RizkiR
Reynalda RizkiR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Seorang Mahasiswi Pendidikan Bahasa Korea di Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki hobi menari, menyanyi, memasak dan membaca sebuah cerita fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Menciptakan Kreativitas dengan Pelatihan Pembelajaran Media Digital (Canva) di SMKN 3 Kota Bekasi

11 Agustus 2022   09:28 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:41 72 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelompok kecil 7 KKN 108 bersama Wali Kelas dan Siswa-Siswi TKJ 2 SMKN 3 Kota Bekasi (Dokpri)

Bekasi, Jawa Barat – Pada tahun ini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali mengadakan KKN secara daring dengan program berbasis SDG’s Desa (Sustainable Development Goals). SDG’s bertujuan untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan, mengurangi ketumpangan dalam dan antar negara, memperbaiki manajemen air dan energi, dan mengambil langkah kepentingan untuk mengatasi perubahan iklim. SDG’s Desa terdapat 8 tema besar dengan 19 sub tema. 8 tema besar ini meliputi ‘Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan’, ‘Desa Peduli Kesehatan’, ‘Desa Peduli Pendidikan’, ‘Desa Ramah Perempuan’, ‘Desa Ekonomi Merata’, ‘Desa Peduli Lingkungan’, ‘Desa Berjejaring’ dan ‘Desa Tanggap Budaya’. Program ini berlangsung dari tanggal 11 Juli 2022 sampai 10 Agustus 2022.

Kelompok KKN 108 mendapatkan tema besar ‘Desa Peduli Pendidikan’. Desa Peduli Pendidikan kembali dibagi menjadi dua sub tema ‘Desa Pendidikan Berkualitas’ & ‘Pendidikan Sepanjang Hayat’. Pelaksanaannya satu kelompok besar yang berisi 30 orang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil berisi sekitar 3-5 orang mahasiswa. Kelompok kecil 7 KKN 108 memilih sub tema ‘Pendidikan Sepanjang Hayat’ dengan mengadakan program kerja “Pelatihan Pembelajaran Media Digital (Canva) di SMKN 3 Kota Bekasi, Kelurahan MustikaJaya, Kecamatan MustikaJaya, Bekasi, Jawa Barat. Pelatihan dilaksanakan secara dua pertemuan, Kamis (28/07/2022) & (04/08/2022).

Pelatihan Pembelajaran Media Digital (Canva) dilaksanakan di kelas TKJ 2 SMKN 3 Kota Bekasi selama dua pertemuan selama 4 jam berjalan dengan baik dan mendapatkan antusiasme dari para siswa-siswi. Para siswa-siswi pun sebelumnya telah mengenal media Canva. Pengetahuan mereka sudah cukup baik mengenai media Canva. Namun, mereka jarang menggunakan Canva sebagai media presentasi atau pun untuk membuat sebuah desain seperti poster. Maka dari itu, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, dan memberikan informasi yang dapat membantu keterampilan siswa dan siswi dalam mendesain sesuatu agar lebih menarik.

Pelatihan dimulai dengan mengenalkan media Canva, kemudian kami menampilkan contoh desain presentasi dan poster yang telah dibuat dan setelahnya para siswa-siswi dilatih untuk membuat bahan presentasi dan poster dengan desain sekreatif  mungkin. Pada pertemuan kedua untuk menciptakan rasa antusias para siswa-siswi, kami memberikan sebuah hadiah kecil untuk para siswa-siswi yang mengumpulkan desainnya lebih awal, yang membuat desain poster menarik dan kreatif, dan mampu menjawab pertanyaan yang kami berikan.

Harapan dari diadakannya kegiatan ini adalah para siswa-siswi TKJ 2 SMKN 3 Kota Bekasi dapat mengembangkan keterampilan dalam perkembangan teknologi yang semakin luas, dan mampu meningkatkan kreativitas pada pola pikir setiap peserta didik dalam kegiatan belajar.

Kegiatan pelatihan berlangsung (Dokpri)
Kegiatan pelatihan berlangsung (Dokpri)

Kelompok kecil 7 KKN 108 bersama Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bekasi (Dokpri)
Kelompok kecil 7 KKN 108 bersama Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bekasi (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan