Mohon tunggu...
Revalina AnggraeniWinanda
Revalina AnggraeniWinanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, perkenalkan nama saya Revalina Anggraeni Winanda. Kalian bisa panggil saya Reva. Hobi saya yaitu berlari.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menciptakan Rasa Nasionalisme bagi Generasi Muda Bangsa Indonesia

28 November 2022   09:39 Diperbarui: 28 November 2022   09:40 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nasionalisme memiliki 2 pengertian baik pengertian dalam arti sempit dan pengertian dalam arti luas. Pengertian nasionalisme dalam arti sempit adalah perasaan cinta terhadap bangsanya yang tumbuh secara berlebihan hingga merendahkan bangsa lain. Sedangkan pengertian nasionalisme dalam arti luas adalah perasaan cinta terhadap bangsanya tanpa merendahkan bangsa lain.

Tujuan dari nasionalisme pada umumnya untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya. Nasionalisme sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda saat ini. Hal ini akan membuat bangsa Indonesia terjaga keutuhannya, persatuan dan kesatuannya, sehingga perpecahan dan perselisihan tidak akan terjadi.

Namun, akhir-akhir ini jiwa-jiwa nasionalisme yang ada pada generasi mudah telah luntur seiring dengan berkembangnya zaman. Ada 2 faktor yang menyebabkan lunturnya rasa nasionalisme, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dikarenakan tidak puasnya masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang tidak adil. Sedangkan faktor eksternal dikarenakan oleh arus globalisasi yang mempengaruhi perilaku masyarakat.

Berikut upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap generasi muda bangsa Indonesia yaitu dengan cara berikut:

  • Membeli dan menggunakan produk lokal dalam negeri.
  • Merasa bangsa menjadi penerus bangsa Indonesia.
  • Melestarikan budaya-budaya di Indonesia.
  • Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  • Ikut serta dalam kegiatan Hari Besar Nasional.

Dengan upaya tersebut kita sebagai penerus bangsa dapat memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju. Oleh karena itu, timbulkanlah rasa nasionalisme pada diri kita sendiri dengan penuh rasa bangga terhadap bangsa kita terutama bagi genersi muda penerus bangsa Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun