Gayahidup

"Musik Itu Gaya Hidup Lho"

18 Januari 2018   12:19 Diperbarui: 18 Januari 2018   12:27 482 1 0
"Musik Itu Gaya Hidup Lho"
shutterstock.com

Oleh: Reti Sufarni

Jurusan Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Musik adalah teman santai bagi setiap penikmatnya. Musik adalah salah satu hoby yang paling banyak diminati para masyarakat di seluruh dunia. Ada berbagai jenis musik seperti musik pop, dangdut, jazz, rock, mellow dan lain sebagainya. Musik adalah bentuk perasaan dari hati yang mengutamakan perasaan suasana hati atau mood seseorang dapat di katakan bahwa musik adalah sebagai bentuk ekspresi yang di rasakan oleh hati dan di dengar oleh telinga. 

Musik dapat di dengarkan kapan pun dan di mana pun, kini dapat di nikmati melalui gadget, laptop, mp3, maupun alat elektronik lainnya. Selain membuat hati merasa tenang musik juga dapat membuat seseorang atau pengguna merasa rileks. Contoh saja seperti di Indonesia musik dangdut adalah musik yang paling banyak di minati oleh masyarakat Indonesia dengan alunan nada nya yang khas sehingga kita merasa energik yang sangat luar biasa. Lagu-lagu yang membuat hati merasa plong, apa jadinya jika dunia tanpa musik? Pasti akan menjadi sangat hening bukan.

            Penulis sendiri begitu sangat menyukai musik mulai dari musik lokal sampai internasional, musik dapat menghilangkan rasa bosan dan rasa jenuh yang penulis rasakan dengan adanya musik penulis merasa senang dan merasa bahwa apa yang menjadi beban pikiran kini menjadi ringan. 

Musik sendiri telah ada sejak berabad-abad lalu jadi tak heran lagi jika musik sudah ada sejak dulu hingga sekarang. Para penikmat musik tanah air pun tak kalah menariknya dengan musik yang ada di mancanegara di tempat lokal pun cukup menarik. Begitu banyak artis-artis ibu kota yang telah memp[erkenalkan musik lokal ke luar negeri. Kini musik sudah dapat di nikmati tanpa haru mengeluarkan banyak biaya hanya dengan android kita dapat mendownload musik mana saja yang kita sukai.

            Kini musik menjadi salah satu aktifitas yang di lakukan oleh setiap orang dengan perasaan rileks tanpa beban. Di sela-sela kesibukan pun jika kita mendengar alunan musik maka tanpa sadar kita akan merasa rileks dan seolah setiap beban yang kita rasakan kini di wakili oleh lagu atau musik yang sedang kita dengarkan. Secara logika musik membuat perasaan menjadi sangat tenang dan damai.

            Musik juga dapat merangsang emosional kita menjadi lebih giat jika suasana hati dan musik yang kita dengarkan bagus. Iya... musik dapat mewakili perasaan lho, seperti saat kita sedang galau atau putus cinta kita dapat mendengarkan alunan musik dari yang kita dengar. Kalu kita lgi bahagia kita menjadi senang dna memasang musik yang bertema kan seperti happy atau bahagia. 

Musik dapat di pakai di berbagai tempat susana jadi para tokoh-tokoh pencipta lagu kini berlomba-lomba untuk membuat lagu yang menarik dan enak untuk di dengar sehingga para pecinta musik di seluruh dunia mendengarkan karya baru mereka. Nah, jadi musik itu adalah sebuat terobosan penting buat kita agar perasaan dan emosional kita menjadi terkontrol. Jika berbicara tentang musik kini siapa yang tak tau dengan salah satu musik yang lagi sangat trending sekarang iyalah musik korea, iya siapa yang tak tau musik korea yang terkenal dengan gaya yang unik dan para artis-artis yang tampan dan cantik pula.

Dengan budaya yang banyak di minati oleh para kaum hawa di seluruh dunia ini membuat para penikmat musik dunia menjadi semakin semangat dalam mendengarkan alunan  musik yang trending sekarang. Pada masa sekarang ini musik juga di perlombakan seperti yang sering kita lihat di layar kaca pertelevisian yang menjadi trending topik di berbagai media masa. 

Jadi dapat kita lihat bagaimana musik itu sangat berteman dengan masyarakat dari dulu sampai sekarang. Musik juga dapat sebagai media pembelajaran anak-anak juga lho, contohnya seperti musik anak-anak yang mengajarkan tentang berbahasa, penghitungan, mengenal gambar, mengenal huruf dan angka, jadi dapat kita ketahui bagaimana musik ini sangat berperan penting dalam hal pembelajaran.

Musik sendiri telah berkolaborasi untuk menyampaikan apresiasi dan perasaan yang mewakili setiap emosional yang kita miliki. Sehingga setiap kata perkata memiliki makna tersendiri bagi penyanyi tersebut. Nah, jadi musik dapat di pakai diberbagai tempat situasi dan kondisi apa saja.