Mohon tunggu...
Restina Tina
Restina Tina Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya seorang guru TK, saya suka membaca, mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bijak dalam Memilih Cerita yang Tepat dalam Mendongeng

10 November 2023   12:52 Diperbarui: 10 November 2023   13:34 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hakikatnya mendongeng merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan informasi tertentu kepada orang lain. Dongeng ini juga merupakan suatu bentuk warisan dari nenek moyang kita terdahulu yang perlu dilestarikan keberadaannya. 

Dongeng ini sendiri juga merupakan karya sastra yang dapat membangun karakter anak untuk belajar dan berimajinasi. Pengisahan dongeng mengandung harapan, keinginan dan nasihat baik yang tersirat maupun yang tersurat serta mengandung nilai pendidikan. Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerita atau dongeng dapat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak usia dini.

Studi menunjukkan adanya kolerasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter. Melalui dongeng kita dapat memberikan afirmasi positif nilai -nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal. 

Melansir the International Journal of Academic Research In Business and Social Sciences, lewat dongeng sebuah komunikasi dan kedekatan emosional dapat tercapai sehingga nilai -nilai yang terkandung dalam sebuah dongeng dapat lebih mudah dimengerti.

Dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan anak usia dini salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan nilai -nilai moral dan karakter adalah metode mendongeng 

Selain dari teknik yang mumpuni dalam menyampaikan cerita dongeng kepada anak usia dini, tak kalah penting adalah kemampuan guru/pendidik dalam memilih cerita yang tepat juga sangat diharapkan, agar nilai -nilai yang terkandung didalam cerita dongeng dapat tersampaikan secara optimal kepada anak.

Berikut ini adalah tips dalam memilih isi cerita dongeng yang tepat untuk anak usia dini.

1. Pilihlah isi cerita yang sesuai dengan usia Anak

Dalam memilih cerita untuk didongengkan perlu diperhatikan karakteristik usia anak. Yaitu cerita yang sederhana, menyenangkan. Tidak terlalu panjang, karena anak usia dini cenderung cepat bosan.

2. Memiliki gambar dan ilustrasi yang menarik

Pilihlah buku cerita dengan gambar yang menarik, perlu diperhatikan bahwa anak usia dini lebih tertarik pada gambar yang        memiliki warna yang mencolok, cerah dan beragam. Dan tak kalah penting adalah ukuran gambar yang besar dapat meningkatkan pemahaman anak. Karena selain mendengarkan cerita anak juga menggunakan visualnya untuk memahami cerita, dengan visualisasi yang menarik anak akan merasa nyaman dan betah untuk mendengarkan cerita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun