Mohon tunggu...
RESPATI RIZKY
RESPATI RIZKY Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - S1 Pendidikan Bahasa Korea - Universitas Pendidikan Indonesia

fingers never sleep...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menggalakan Edukasi dan Kesadaran Akan Penerapan Skala Prioritas dalam Upaya Menghemat Uang

2 Oktober 2022   13:30 Diperbarui: 2 Oktober 2022   15:04 74 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Edukasi dalam penerapan skala prioritas dalam upaya menghemat uang yang diselenggarakan oleh mahasiswa dari kelompok 50 KKN Universitas Pendidikan Indonesia disambut baik oleh masyarakat di kelurahan Batununggal. Kegiatan ini dilakukan berkenaan dengan tema KKN yaitu 'Desa Tanpa Kemiskinan'.

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang dihadapi Indonesia. Menurut KBBI, kemiskinan merupakan situasi penduduk atau sebagian penduduk yang hanya dapat memenuhi makanan, pakaian, dan perumahan yang sangat diperlukan untuk mempertahankan tingkat kehidupan yang minimum. Untuk mencegah kemiskinan yang lebih parah, edukasi semacam ini tentu diperlukan agar masyarakat dapat diingatkan kembali untuk lebih berhati-hati dalam membuat pengeluaran dan lebih mementingkan kebutuhan pokok.

Skala prioritas merupakan daftar kebutuhan yang ditulis berurutan dari tingkat kepentingan yang tertinggi sampai terendah dalam upaya memetakan kebutuhan dan menghemat uang. Kelompok 50 KKN UPI mencari informasi dari berbagai sumber mengenai Skala Prioritas dan menuliskannya dalam sebuah pamflet yang kemudian disebarkan ke masyarakat di kelurahan Batununggal dalam bentuk fisik dan digital. Dalam pamflet tersebut, tertulis definisi skala prioritas, faktor yang memengaruhi, manfaat skala prioritas, dan tips menghemat uang.

skala-prioritas-cetak-page-0001-2-633921d308a8b5475756ed87.jpg
skala-prioritas-cetak-page-0001-2-633921d308a8b5475756ed87.jpg
KKN UPI tahun 2022 mengusung tema besar yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) atau dalam bahasa Indonesia Program Pembangunan Berkelanjutan SDGs Desa.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. SDGs merupakan peran pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 (rh, 2021).

Sumber

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian Kemiskinan. Retrieved from https://kbbi.web.id/kemiskinan

rh. (2021, June 24). SDGs Desa : Pengertian, Tujuan dan Sasaran. Retrieved from Website Resmi Kalurahan Tirtorahayu: https://tirtorahayu-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2021/6/24/sdgs-desa-pengertian-tujuan-dan-sasaran#:~:text=SDGs%20Desa%20adalah%20upaya%20terpadu,percepatan%20pencapaian%20Tujuan%20Pembangunan%20Berkelanjutan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan