Mohon tunggu...
Reski Hadi Peradana
Reski Hadi Peradana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mechanical Engineering Undip's Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Cetak dan Digital Tim KKN Undip Untuk Peningkatan Potensi Perekonomian

26 Januari 2022   21:24 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:34 70 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Desa Tawangsari melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dengan tema pemetaan potensi desa dalam upaya pencapaian SDG'S.

Program KKN ini dilaksanakan di Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pelaksanaan ini dimulai pada 18 November 2021 sampai 3 Januari 2022.

Program yang dibawakan dalam KKN tematik ini yaitu Iptek untuk Inklusi Difabel dan Desa Tangguh Bencana.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program tersebut, salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro bernama Reski Hadi Peradana dari program studi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik turut serta dalam pelaksanaan KKN Tematik ini.

Kepala Desa Tawangasari, Ibu Yayuk Tutiek Supriyanti yang ditemui pada 20 Desember 2021 mengungkapkan bahwa Desa Tawangsari memiliki potensi UMKM meliputi usaha kuliner, kerajinan batik, serta potensi wisata. Salah satu usaha kuliner yang menjadi mitra dalam KKN Tematik Undip kali ini adalah UMKM Milk Moo yang merupakan UMKM susu perah dengan berbagai variasi untuk menarik minat pembeli dan hal ini dapat menjadi penggerak ekonomi bagi beberapa masyarakat yang tinggal di Desa Tawangsari, kemudian kerajinan batik yakni Workshop Sriekandi Patra yang merupakan tempat pengerajin batik dengan pekerja disabilitas yang bekerja sama dengan CSR Pertamina, serta adanya wisata Edupark yaitu Wisata Cambell 2 Edupark yang merupakan potensi bidang pariwisata di Desa Tawangsasi. Beliau berharap dengan adanya program KKN ini dapat meningkatkan perekonomian desa melalui pengembangan mitra-mitra yang ada.

Minggu-minggu awal dimulainya dengan observasi lapangan mengenai potensi-potensi yang dimiliki Desa Tawangsari. Perizinan dari Universitas Diponegoro ke Bapedda Kabupaten Boyolali, Kecamatan Teras, dan seperangkat Desa Tawangsari. Dilanjutkan dengan observasi potensi masyarakat melalui mitra-mitra.

Setelah observasi dilakukan, masalah-masalah yang dialami oleh mitra antara lain kurang dikenalnya Pasar Kuliner yang ada di Camp Bell 2 serta kurangnya pemasaran hasil karya Batik Sriekandi Patra ke kalangan diluar warga Desa Tawangsari.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Oleh karena itu, untuk lebih memudahkan pengunjung dalam mengenali Pasar Kuliner di Camp Bell 2 dari Tim KKN Undip membuatkan banner yang menggambarkan Pasar Kuliner Camp Bell 2.

Diharapkan dengan lebih mudah dikenalinya Pasar Kuliner Camp Bell 2 melalui banner yang telah dibuat dapat meningkatkan pendapatan pedagang yang ada di Pasar Kuliner Camp Bell 2 setiap harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan