Mohon tunggu...
Resi kartikaprasasti
Resi kartikaprasasti Mohon Tunggu... UIN Maulana Malik Ibrahim,MALANG

Kunci Kesuksesan Adalah Belajar Walau Hanya Selembar Buku

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apakah Bisa Meraih Kesuksesan dengan Self Awareness "Kesadaran Diri"?

21 April 2020   11:53 Diperbarui: 27 April 2020   06:17 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Bisa Meraih Kesuksesan dengan Self Awareness "Kesadaran Diri"?
img-20200427-070840-5ea61603d541df53fd658754.jpg

      

      

         Apakah kamu tau dengan adanya  'kesadaran diri' atau self-awareness kita akan meraih kesuksesan?   'kesadaran diri' atau self-awareness sangat berguna untuk mengatur diri kita sendiri  tentang cara kita berprilaku dengan orang lain dan cara  merespon keadaan eksternal, mengapa? karna dengan adanya  'kesadaran diri' atau self-awareness  kita bisa mengatur kesadaran diri kita sendiri, yang bisa dikatakan sebagai faktor internal. 

        Sebuah pepatah Afrika mengatakan bahwa, "Ketika tidak ada musuh di dalam, musuh di luar tidak akan membahayakan".  Dari pepatah tersebut bisa kita pahami bahwa musuh dalam lingkaran itu lebih berbahaya dibandingkan musuh yang ada di luar lingkaran. 

        Dan musuh dalam lingkaran itu bisa jadi diri kita sendiri. Wah ternyata musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri, bagaimana cara kita mengontrolnya dengan self-awareness? yang mana kita akan membahasnya dalam artikel ini y guys, serta menjelaskan tentang latihan kesadaran diri yang dapat membawa kita dalam kesuksesan. langsung aja kita lihat penjelasannya.
1. Mengenali Tipe Kepribadian Diri Sendiri.
        Nah kita bisa mulai dari mengenali tipe kepribadian  kita sendiri, yang mana itu merupakan latihan yang paling utama untuk kitak terapkan. Orang-orang tidak dapat mengenali diri kita sebaik kita mengenal diri kita sendiri. Setelah kita mengetahui tipe kepribadian diri kita, itu akan membantu memaksimalkan apapun kelebihan yang kita miliki dan memperbaiki segala kekurangan yang kita miliki. Kalian bisa mulai dari melakukan refleksi diri dan menenangkan diri .
2. Cari Tiga Alasan yang Kuat sebelum Bertindak.
        Untuk bisa menjadi orang yang sukses, sebelum kita bertindak atau mengambil keputusan kita harus berpikir dengan matang sebelum bertindak. Banyak orang yang ketika mereka mengambil sebuah keputusan mereka tidak memikirkan dampak yang diakibatkan, itulah mengepa mereka dikatan atau dikategorikan sebagai orang yang bodoh dalam mengambil sebuah tindakan. Sebab mereka tidak memikirkan konsekuensi  dari tindakan yang diambil. Maka dari itu buat kalian jika ingin mengambil sebuah tindakan harus memiliki 3 alasan yang kuat untuk mengambil sebuah tindakan sehingga kalian memiliki suatu kejelasan dan lebih percaya diri dalam tindakan yang diambil.
3. Perkaya Kosakata Emosional.
        Kita juga harus melatih kosakata yang luas. filsuf terkenal bernama Wittgenstein berkata "Batas Bahasa yang kita miliki adalah batas dunia kita". artinya, semakin luas bahasa yang kita miliki, maka kita juka memiliki banyak pengetahuan yang luas.
4. Berlatih Mengatakan 'Tidak' pada Diri Sendiri.
        kita terkadang susah mengatakan "tidak" pada dri kita sendiri,padahal tampa kita sadari dengan mengatakan "tidak" pada diri kita sendiri itu menandakan kalau kita dapat menunda kepuasan dalam jangka pendek demi keuntungan  dengan jangka panjang yang mana kita akan dapatkan itu dimasa depan.
5.. Bertanggung Jawab atas Kekurangan yang Kita Miliki.
        Kita harus menyadarikekurangan dari diri kita.ijangan sampai kita mengkritik orang lain dan kekurangnnya, namun kita malah tidak bertanggung jawad atas kekurangan kita. Kesuksesan dan peningkatan diri bisa kita raih saat kita mengenali kekurangan diri kita sendiri serta kita mencari cara agar kita dapat memperbaiki semua kekurangan yang kita miliki. Maka kita akan terbiasa dengan  mengakui kesalahan sendiri tampa menyalahkan kesalahan kepada orang lain.

6. Memantau Pemikiran Diri Sendiri.
         Dalam setiap situasi seringkali datang dari pikiran kita yang . setiap komentar-komentar yang berdatangan membuat kita melakukan self-talk atau perbincangan dengan diri sendiri. Self talk memebrikan kebaikan untuk beberapa hal, tapi ingat kita tidak boleh berbicra tentang hal-hal yang negative dengan diri kita sendiri, karna itu akan membuat kita stress dan depresi. Latihlah kesadaran diri dengan memantau pemikiran terhadap diri kita sendiri.
 
7. Meditasi.
        Kita perlu meditasi agar kita meningkatkan kesadaran diri kita, yang akan melatih focus kita dalam berkonsentrasi. Meditasi ini sangat membantu kita berfokus pada proses internal.

       Kesadran diri atau self awaneress itu sangat penting dan dpat membantu rekan-rekan Career Advice dalam memiliki kesadaran diri yang kuat, dan membawa anda dalam kesuksesan

VIDEO PILIHAN