Mohon tunggu...
Resa Adi Kurnia
Resa Adi Kurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Blog Tugas

Selanjutnya

Tutup

Money

Anna Salon: Salon yang Mengedepankan Transparansi antara Salon dan Konsumen

21 April 2022   14:43 Diperbarui: 21 April 2022   14:44 1484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anna Salon  merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa salon dan sudah berdiri sejak 32 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 14 April 1990. Salon ini didirikan oleh Ibu Neneh Rohana Kusuma Ningrum yang sebelumnya terletak di Jl, Pramuka No.37, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, yang pada saat itu tempat usaha tersebut bukan milik pribadi melainkan masih menyewa.

Setelah beroperasi selama 10 tahun, Anna salon mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menghasilkan keuntungan, sehingga Ibu Anna memutuskan untuk membeli lahan yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sebelumnya, yaitu di Jl. Gambiran No. 107, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Anna salon beroperasi setiap hari mulai dari pukul 09:00 sampai pukul 20:00 dengan rata-rata pengunjung 30-50 orang per hari.

Visi dari Anna Salon adalah menjadi salon yang memberikan mutu dan pelayanan terbaik. Sementara misinya adalah menjaga kualitas pelayanan dan menjaga kepuasan konsumen. Anna Salon juga mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk menjaganya tetap bertahan dan berkembang. Tujuan jangka pendek Anna salon  adalah meningkatkan omzet per bulan dan meningkatkan pelayanan. Sedangkan tujuan jangka panjangnya yaitu punya lebih banyak cabang salon.

Sebelum terdampak covid 19 Anna salon memiliki sembilan orang karyawan, namun saat ini pemilik usaha mengurangi jumlah karyawan menjadi tujuh orang, agar gaji karyawan tetap terpenuhi. Adapun kriteria yang ditetapakn Anna salon dalam memrekrut karyawan adalah minimal pendidikan terakhir SMK/SMA yang sudah berpengalaman dan berkompeten dibidang kecantikan.

 Selain itu, job description pada Anna salon juga sudah sesuai dengan kemampuan/kompentensi yang dimiliki oleh masing-masing karyawan tujuannya agar Anna salon dapat memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas sesuai dengan harapan konsumen. Jika konsumen merasa puas maka konsumen akan loyal kepada Anna salon dan akan menjadi pelanggan tetap. 

Menurut (Dwi Wahyuni, 2017), kepuasan konsumen dapat dibangun dari kualitas pelayanan yang baik, kepuasan yang dirasakan konsumen dapat membangun loyalitas pelanggan, dan untuk membangun loyalitas konsumen dapat melalui kepuasan yang dirasakan oleh konsumen serta juga dari kualitas pelayanan yang baik.

Anna salon memiliki beberapa sarana pendukung dalam mengelola usahanya antara lain sepuluh buah kursi untuk pelanggan yang akan melakukan perawatan rambut, delapan buah kaca yang diletakkan di depan delapan kursi tersebut, satu kursi panjang di ruang tunggu untuk pelanggan menunggu giliran dilayani, dan dua tempat untuk mencuci rambut.

Kelebihan yang dimiliki oleh Anna salon yaitu selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen, selalu menjaga mutu produk yang digunakan, memiliki prinsip keterbukaan kepada para pelanggan, dalam artian pemilik tidak pernah menyembunyikan merk produk apa yang digunakan serta produk yang digunakan pun terjamin original. Harga yang ditawarkan oleh Anna salon sangat terjangkau untuk semua kalangan, serta menerima reservasi terlebih dahulu untuk semua pelanggan.

Dalam mengembangkan bisnis, Anna salon harus tetap menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, meningkatkan promosi di media sosial agar salon lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas, karena pada era sekarang promosi di media sosial dapat dilakukan dengan mudah dan perkembangan teknologi yang meharuskan konsumen untuk mengikuti sosial media sehingga informasi mengenai salon Anna dengan cepat sampai kepada konsumen. 

Selain meningkatkan promosi, pemilik juga dapat melakukan training terhadap staff-staff yang bekerja secara rutin agar nantinya kualitas dari pelayanan jasa yang diberikan akan maksimal, sebab sumber daya manusia dalam bisnis jasa merupakan hal yang penting.

Tim Penulis: Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta: Auliya Rosiana, S.S.,M.M.. serta Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Semester 6, Prodi Manajemen: Neneng Hardianti, Resa Adi Kurnia, Herlina Sukmaningtyas, Manghesti Wahyu Jati Pamukti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun