Mohon tunggu...
Rephy Ekawatie
Rephy Ekawatie Mohon Tunggu...

Pegawai Negeri Sipil/Penulis rephy.ekawatie@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mutasi Kerja, Siapa Takut?

8 Januari 2019   07:00 Diperbarui: 12 Januari 2019   18:24 829 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mutasi Kerja, Siapa Takut?
mutasi1-5c39cd4eab12ae1a03357de7.jpg

New Beginning...

Masih ingat lagu mellow-melow selow milik Glen Fredly yang judulnya Januari? Kalau yang masih ABG tahun 2000-an, pasti ingat lah lagu ini sebagai salah satu "amunisi'"yang dipakai Glen untuk melarismaniskan album studio ketiga miliknya "Selamat Pagi, Dunia!". 

Kalo zaman itu Glen sedih banget bikin itu lagu karena kisah asmaranya berakhir di Januari, mungkin buat sebagian orang bulan Januari ga sesedih kisah Glen di lagunya. Januari bisa jadi, hadir sebagai bulan yang mengawali tahun dengan cerita yang penuh warna kek rainbow yang dipake jadi latar awal di cerita Nawang Wulan (opo kui...). 

Pasti pada nanya-nanya (tebak-tebakan buah manggis, padahal ga ada yang kepo juga...), kenapa ngelantur ngomongin bulan Januari. Yap, buat yang punya pikiran acak pasti nangkep, secara kita sama-sama mahluk yang punya naluri sama, pasti bisa baca pikiran masing-masing (ngarep punya temen yang sama-sama aneh, gigigik). 

Januari merupakan bulan pertama dalam kalender masehi yang berperan sebagai pijakan untuk masuk ke tahun yang baru. Ketika tipi-tipi pada rame teriakin "Happy New Year", dan pasang petasan, kembang api, terompet, dan apalah di jam 00.01 persis tanggal 1 Januari, itu artinya 'secara resmi' kita dah masuk ke tahun yang baru. 

Resolusi baru, rencana baru, dan yang pasti tempat kerja baru buat yang dapat "jackpot" hadiah awal tahun berupa mutasi yang udah dipasang per TMT 2 Januari (nah loo, ini nii...yang terakhir ini yang mau diomongin dan dibahas panjang lebar).    

Mutasi itu mahluk apa, yaa?

Kalo denger kata 'mutasi' langsung deh mata jereng muter-muter mikirin 3 (tiga) hal yang 'gentayangan' di benak kita. Atu, rotasi...dua, promosi...tiga, ini nii...yang terakhir ini yang pait-pait sepet, demosi. (Blog Gawe, 12 Januari 2018) kasih 'pencerahan' kalo mutasi kerja itu artinya membuat kita di tempatkan di job desk yang baru, lingkungan yang baru, dan tanggung jawab yang baru juga. Mutasi terjadi karena inisiatif organisasi atau inisiatif karyawan sendiri. Masih menurut sumber yang sama, mutasi itu terdiri dari beberapa jenis.

Pertama

Mutasi produksi yang terjadi antar departemen ketika satu departemen kekurangan tenaga kerja, eh departemen lain justru sebaliknya, kelebihan tenaga kerja.

Kedua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x