Mohon tunggu...
Repa Kustipia
Repa Kustipia Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Gastronomist (Gastronome)

Membahas Gastronomi di @gastrotourism_academy Berhenti Menjadi Ahli Gizi (Nutritionist Registered) di tahun 2021. Bertransformasi Menjadi Antropolog Pangan. Dokumentasi Lapangan ig : @repakustipia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Buah-Buah dari Surga, Apakah Dijual di Pasar Tradisional?

3 November 2022   07:26 Diperbarui: 3 November 2022   21:45 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : voa islam 

"Surga menurut agama...."

Kemudian terhenti sejenak. Mari menggunakan definisi dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) saja agar bisa diterjemahkan oleh setiap orang dengan keyakinannya. Menurut KBBI, Surga adalah alam akhirat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal di dalamnya (dalam keabadian), Surga juga didefinisikan sebagai kayangan tempat kediaman Batara Guru (Siwa); Surgaloka. 

Namun, jika diterjemahkan setiap agama tentu perlu penelitian lebih dari 100 tahun untuk mengkaji perbandingan agama ini, sedangkan membaca satu referensi dari satu kitab suci dan mendatangi ahli agamanya hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 30 menit untuk menyimak ceramahnya. Nikmat sekali mendengarkan ilmu tambahan tanpa harus pusing berkepanjangan karena harus meneliti, mengambil data, menganalisis, bahkan mempertahankan argumen. 

Tapi, tidak ada salahnya informasi bermanfaat dari sudut pandang satu agama diinformasikan kebaikannya agar kemaslahatannya bisa dirasakan bukan oleh pemeluk agamanya saja, apalagi menggunakan fanatisme berlebihan, namun untuk kebermanfaatan setiap orang dimana bisa saja seseorang itu memerlukan informasi ini untuk kesehatan, kebutuhan hidupnya, atau hanya ingin mengetahui saja. 

Referensi yang digunakan oleh penulis adalah Al-Qur'an, berikut penemuan bacaannya : 

Kurma dan Delima 

Kurma atau Phoenix dactylifera yang dikenal sebagai tanaman palma dari Persia, Afrika, dan Timur Tengah, begitupun delima (Punica granatum) yang berasal dari wilayah Mediterania. Dalam persepsi buah dari surga, kurma dan delima dapat ditemukan dalam ayat suci Al-Qur'an Surat Ar-Rahman ayat 68-69 : 

"Di dalam keduanya (surga) ada bermacam-macam buah-buahan dan kurma serta delima. Maka, nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan ? " 

Mengapa Kurma dan Delima ? 

Kurma memiliki daya pikat tersendiri di daerah Timur Tengah, terutama kurma Ajwah dan Kurma Ambar karena menurut folklore Timur Tengah, kurma adalah buah yang disukai Nabi Muhammad SAW.  Sedangkan buah delima jika merujuk pada kebudayaannya buah delima digunakan untuk pengobatan tradisional karena tanaman multiguna bahkan bisa digunakan sebagai makanan seperti selai untuk roti gandum bahkan sirup segar cocok dinikmati di Timur Tengah yang cuacanya panas. 

Namun untuk kepentingan kajian ilmiah tentunya harus berlandaskan penelitian yang menguji seberapa besar manfaat kurma ini bagi manusia jika dikonsumsi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun