Mohon tunggu...
Reno Rizqi
Reno Rizqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Industri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

hello blog welcome to my gaes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Intip Kegiatan Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Jadikan Rumah Pribadi Menjadi Rumah Belajar!

27 September 2021   05:11 Diperbarui: 27 September 2021   05:18 52 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Intip Kegiatan Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Jadikan Rumah Pribadi Menjadi Rumah Belajar!
Rumah Belajar

Sukoharjo (27/09/2021), Dalam melaksanakan kegiatan KKN terakhirnya, Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo mengambil Program Kerja di Bidang Pendidikan. Program Kerja ini mengambil tema "Rumah Belajar".

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disediakan oleh Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo yang ditujukan kepada anak-anak usia TK sampai SMP di Desa Ponowaren Rt 1 Rw 5, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Kegiatan Rumah Belajar ini dilaksanakan di Rumah Mahasiswa, dalam hal ini Mahasiswa bertindak sebagai fasilitator. Di dalam Rumah Belajar ini anak-anak bebas membawa materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dikerjakan serta menceritakan keluh kesah mereka  selama pembelajaran daring ini berlangsung. Rumah belajar ini ditujukan hanya untuk anak-anak usia TK-SMP saja, karena untuk tingkat SMA sederajat mereka pastinya sudah lebih paham bagaimana cara mengatasi pembelajaran daring selama pandemi.

Tujuan adanya Rumah Belajar ini yaitu sebagai wadah bagi Anak-Anak tingkat TK-SMP untuk mendukung proses pembelajaran mereka, memberikan edukasi tentang bagaimana cara memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring, membantu menyelesaikan masalah pembelajaran ketika mendapatkan materi-materi yang sulit atau belum mereka pahami, mendorong minat anak-anak dalam proses pembelajaran daring, dan memberikan edukasi bahwa kegiatan pembelajaran tidak hanya di sekolah tetapi bisa dilakukan dimana saja asal kita mau.

Kegiatan diawali pada hari jumat (17/09/2021) Mahasiswa memberitahukan melalui media sosial WA grup kepada ibu-ibu rumah tangga di Desa Ponowaren Rt 1 Rw 5 bahwasannya telah dibuka kegiatan Rumah Belajar bagi anak-anak mereka di usia tingkat TK-SMP. Pemberitahuan ini dilakukan selama dua hari sampai hari sabtu (18/09/2021). Setelah mendapat tanggapan dari ibu-ibu yang mengijinkan anak-anaknya mengikuti kegiatan Rumah Belajar, Mahasiswa KKN Univet kemudian membuat jadwal dan keesokkan harinnya langsung mengirimkan jadwal untuk kegiatan proses pembelajaran di Rumah Belajar.

Kegiatan Rumah Belajar dilaksanakan selama satu minggu. Hari pertama senin (20/09/2021) kegiatan Rumah Belajar dimulai untuk anak usia TK, kemudian hari selasa untuk anak usia SD serta hari rabu untuk anak usia SMP. Kegiatan ini dilakukan berseling-seling agar siswa tidak bosan saat mengikuti pembelajaran di Rumah Belajar ini.

Dengan adanya kegiatan Rumah Belajar ini, harapannya semoga bisa mendorong minat anak-anak dalam mengikuti proses pembelajaran daring selama pandemi berlangsung, memberikan motivasi bahwa belajar tidak harus pergi ke sekolah dan bisa dimana saja kapan saja.

  • KKN UNIVET BANTARA SUKOHARJO 2021
  • Penulis : Reno Rizqi Prathama (Mahasiswa Teknik Industri)
  • Dosen Pembimbing : Maria Puspita Sari,S.T., M,Sc

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan