Mohon tunggu...
Reni Dwi Lestari
Reni Dwi Lestari Mohon Tunggu...

MULIALAH BERSAMA TULISANMU

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Di Balik Pemilu 2019, Banyak Diplomat Asing Puji Demokrasi Indonesia Berjalan Damai

20 April 2019   23:51 Diperbarui: 20 April 2019   23:57 0 2 0 Mohon Tunggu...
Di Balik Pemilu 2019, Banyak Diplomat Asing Puji Demokrasi Indonesia Berjalan Damai
https://merahputih.com/post/read/jppr-identifikasi-sejumlah-kerawanan-tahapan-logistik-pemilu-2019

Pemilihan umum atau yang disingkat pemilu merupakan proses dalam memilih seseorang untuk menjabat atau menduduki jabatan tertentu. Jabatan tersebut mulai dari Presiden, Lembaga Legislatif, bahkan sampai jabatan untuk tingkat Kab/Kota.

17 April 2019, Indonesia melaksanakan pesta demokrasi dalam memilih pemimpin negara, salah satunya. Seluruh masyarakat mengeluarkan hak suaranya dalam meilih calon presiden. Di samping banyaknya isu hangat dalam proses pemilu, banyak pihak asing yang justru memperhatikan pemilu di Indonesia sebagai pesta demokrasi yang damai. Seperti:

Duta Besar Kanada, Peter MacArthur, beliau memuji pelaksanaan pemilu 2019 sebagai pemilu terbesar di Indonesia. Berdasarkan postingannya di twitter @AmbMacArthur yang mengatakan "Scenes from yesterday's historic #Indonesian election as we toured voting places in #Jakarta with help of Election Commission @KPU_ID to see enthusiasm among electorate of world's 3rd biggest #Democracy, spotting voter in Vancouver Canucks hockey cap! #IndonesiaElection2019".  

Selain itu, sapaan hangat datang dari Dubes Jepang yang merasakan kebahagiaan dengan adanya pesta demokrasi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia. Bentuk apresiasi juga datang dari Kementerian Luar Negeri Denmark, atas ucapan selamatnya, beliau mengatakan pesta demokrasi di Indonesia berjalan dengan damai.

untitled-5cbb4d8995760e37315b0745.png
untitled-5cbb4d8995760e37315b0745.png
Tak hanya itu, Dubes Australia Gary Quinland juga memberikan selamat yang tertulis pada akun twitternya "pemilu Indonesia adalah pemilihan nasional terbesar dan paling kompleks yang pernah diadakan di dunia dalam satu hari. Pemilu Indonesia bukan hanya pencapaian demokrasi di Indonesia tapi di dunia, dan warga Australia mengagumi ini." Tulisnya.

Berbagai komentar dan pujian dari pihak asing mengenai jalannya pesta demokrasi di Indonesia, semoga dapat membangun Indonesia yang lebih damai. Tidak hanya pemilunya, melainkan sosialnya, ekonominya, hubungan antar masyarakatnya, dan lain sebgaianya.

Melalui pemilu, masyarakat menyuarakan haknya untuk turut andil dalam memilih pemimpin yang tepat untuk Indonesia. Untuk itu, hendaknya pemilu dilaksanakan dengan jujur sejujur-jujurnya untuk turut menentukan pemimpin yang baik bagi Indonesia.