Mohon tunggu...
Rena Zettira
Rena Zettira Mohon Tunggu... Rena

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Permasalahan Sampah di Kampung Halaman Pangeret Ujung

25 Maret 2021   17:00 Diperbarui: 25 Maret 2021   17:16 134 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Permasalahan Sampah di Kampung Halaman Pangeret Ujung
sumber-gambar-rena-zettira-605c62f48ede4854f91ca753.jpeg

Sampah sudah menjadi permasalahan umum bagi pemerintah. Permasalahan umum yang dihadapi dalam pengelolaan sampah, berkaitan dengan budaya masyarakat yang belum ramah lingkungan, penegakan hukum yang belum optimal, volume sampah yang terus meningkat, keterbatasan lahan pembuangan sampah atau infrastruktur, kurangnya tenaga kerja, serta keterbatasan teknologi yang dimiliki dalam pengelolaan sampah, membuat permasalahan sampah tidak kunjung menemukan solusi yang tepat.

Permasalahan sampah ini termasuk salah satu isu dalam pembangunan sektor sanitasi yang perlu dipercepat penangannya. Pembangunan infrastruktur,perubahan perilaku masyarakat dan pengolaaan sampah termasuk target universal. Indonesia juga terikat dengan komitmen internasional untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).  

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan suatu agenda kesepakatan pembangunan global.Secara spesifik, sanitasi masuk di dalam tujuan SDGs nomor 6 bersama air bersih. Ketua RW 12, Jl. Pangeret Ujung, Kec. Bogor Utara,  Jamal Komarudin pun menjelaskan permasalahan sampah dikampung  ini sudah menjadi permasalahan umum.

“Permasalahan sampah di kampung ini sebenarnya bukan infrastruktur yang kurang memadai,tetapi kurangnya tenaga kerja dan  gerobak sampah” ujarnya saat wawancara langsung, Kamis 4 Maret 2021.

VIDEO PILIHAN