Ekonomi

Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Terlengkap

8 Februari 2016   17:42 Diperbarui: 24 Juni 2016   22:39 116 4 3

Kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat memaksa orang untuk mencari alternatif penghasilan tambahan di luar pendapatan utama, apalagi yang belum memiliki penghasilan tetap, harus ekstra berusaha keras untuk memenuhi segala kebutuhannya, tentu dengan cara yang halal. Semenjak internet memulai ketenarannya, banyak sekali peluang usaha terbaru yang ditawarkan. Semuanya menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan, menghasilkan, bahkan dengan iming-iming hanya semalaman dan tanpa modal, jutaan rupiah bisa didapat.

Memang ada juga bisnis yang seperti itu. Setidaknya diperlukan modal besar untuk mewujudkannya. Malah kebanyakan, bisnis cepat kaya tersebut berbentuk member get member, arisan berantai yang ujung-ujungnya malah merugikan. Bagi anda yang ingin memulai bisnis, sebaiknya hindari iming-iming cepat kaya yang banyak dijumpai di internet. Bukannya menakut-nakuti, namun lebih kepada kehati-hatian agar tidak menjadi korban. Pasalnya, para pemula atau newbi merupakan target empuk penipuan yang marak di internet.

[caption caption="ide bisnis ibu rumah tangga / gambar via ninjamarketing.it"][/caption]

Terlebih bagi ibu rumah tangga. Sebaiknya jangan latah ikut-ikutan bisnis di internet jika belum tahu betul modelnya, bentuknya, mentornya dan cara kerjanya. Lebih baik menjalankan bisnis lain, namun bisa dikerjakan di rumah. Karena bisnis yang bisa dikerjakan di rumah tidak melulu bisnis online atau bisnis internet.

Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga :

  1. Bisnis kuliner

    Bisnis kuliner cukup luas pembahasannya. Karena bisa saja bisnis warung makan, warteg, jual gado-gado, nasi uduk, jual gorengan, aneka kue dan roti dan sebagainya. Lalu mana yang sebaiknya dikerjakan? Hal ini tergantung kesanggupan dan niat ibu-ibu. Bagi yang menyukai memasak, bisa mulai buka warung makan atau warteg. Atau kalau pengen simpel buka warung gado-gado di depan rumah. Padatnya kegiatan seseorang mulai dari pagi sampai malam merupakan berkah tersendiri bagi pemilik warung makan meski hanya di depan rumah. Coba amati lingkungan anda, bagaimana pola kehidupan tetangga anda, terutama dalam hal makan.

    Begitu juga bagi yang suka bikin kue. Ibu-ibu bisa mulai menerima pesanan aneka kue, snaack dan roti untuk berbagai keperluan. Jika kurang resep, internet menyediakan banyak contoh resep cara membuat kue, tinggal kitanya yang mengembangkan. Agar promosi semakin luas, gunakan juga media sosial seperti facebook, twitter, path dan instagram untuk promosi produk kue anda.
  2. Bisnis laundry

    Laundry atau jasa cucian merupakan bisnis yang memiliki peluang besar saat ini. Kebanyakan orang sekarang malas mencuci pakaiannya sendiri, baik karyawan, PNS, bahkan mahasiswa dan siswa sekolah biasa pun sudah mulai malas mencuci pakaiannya sendiri.

    Ada yang karena sibuk beneran, sampai sok sibuk. Inilah fenomena kemajuan zaman. Sebagai seorang yang memiliki insting bisnis, kita harus bisa memanfaatkan fenomena ini dengan baik. Jangan langsung membayangkan beli banyak mesin cuci. Kalau di rumah punya mesin cuci, pakai saja mesin cuci itu dulu. Kalau belum punya, bisa dicuci manual atau dengan mencucikannya di laundry lain. Untuk hal ini anda perlu nego dengan tempat laundry tersebut agar mendapatkan diskon, karena anda di sini juga bisa disebut sebagai makelar laundry.
  3. Bisnis kerajinan tangan

    Khusus untuk usaha yang satu ini, sebaiknya anda memiliki skill atau keterampilan khusus. Bisa saja anda mendapatkan skill ini dari les atau tempat kursusan, namun alangkah baiknya jika anda sudah punya hobi di bidang pembuatan keterampilan, sehingga akan lebih mudah dalam melangkah kedepannya.

    Banyak contoh kerajinan tangan bernilai yang bisa dibuat ibu rumah tangga. Bisa dimulai dari melukis, membuat kerajinan dari kain flanel, kain perca, membuat batik, sampai memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan produk yang bernilai tinggi. Sudah mulai terfikir? Silakan dikembangkan bakat dan hobinya itu :)
  4. Bisnis Les Privat

    Bagi anda yang memiliki gelar akademik atau kemampuan yang baik dalam mengajar, anda bisa mulai memikirkan untuk membuka les privat baik bagi anak TK, SD, SMP sampai SMA. Dimilikinya gelar akademik akan semakin membuat orang-orang percaya dengan kemampuan anda. Tidak menutup kemungkinan anda bisa mengajar pelajaran lain di luar bidang akademik anda.
  5. Kursus Memasak

    Di zaman yang serba modern ini, tidak sedikit wanita yang masih kesulitan menyajikan masakan bagi keluarga, terlebih keluarga baru. Bagi anda yang memang suka memasak dan piawai di bidang ini, tak ada salahnya membuka kursus memasak. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar dan yang terpenting anda bisa melakukannya di rumah.

Itulah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Ilustrasi