Mohon tunggu...
Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Mohon Tunggu... u are never too old to learn.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Dear Milenial, Ini 5 Soft Skill yang Harus Kamu Siapkan agar Mudah Dapat Kerja!

1 April 2021   19:48 Diperbarui: 5 April 2021   11:15 979 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Milenial, Ini 5 Soft Skill yang Harus Kamu Siapkan agar Mudah Dapat Kerja!
Ilustrasi oleh Gerd Altmann via Pixabay.com

Kawula muda seringkali menemui kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sudah banyak saingan, ditambah lagi juga karena memang banyak yang sudah memiliki pengalaman bekerja juga. Apalagi mayoritas perusahaan memang lebih memilih kandidat yang sudah memiliki pengalaman.

Dengan bermodalkan ijazah dan minim pengalaman, tentunya butuh kesabaran tinggi untuk bisa diterima bekerja. Namun demikian, hal tersebut tidaklah menutup peluang, ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka. 

Salah satunya dengan mempelajari hal-hal yang akan mendukung langkah mereka dalam mendapatkan pekerjaan, dimulai dengan mempersiapkan soft skill agar meningkatkan kemampuan individu.

Nah Soft Skill apa saja yang harus dipersiapkan kawula muda agar dapat menyesuaikan perkembangan untuk mendapatkan pekerjaan? Simak penjelasan pada artikel berikut!

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi juga merupakan hal yang harus kita perhatikan, karena salah satu faktor keberhasilan perusahaan dalam menjalankan bisnis adalah pola komunikasi yang baik dan efektif. Dengan demikian, komunikasi yang efektif adalah alat yang penting bagi setiap perusahaan. Komunikasi yang efektif juga dapat membuat hubungan kerja yang baik antara individu yang akan meningkatkan moral dan efisiensi.

Setiap individu yang memiliki  kemampuan berkomunikasi yang baik akan lebih bisa memacu produktivitas. Tak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga orang yang ada di sekelilingnya. 

Jika selama ini anda adalah sosok introvert, belajarlah agar lebih terbuka, dalam artian berusaha meningkatkan komunikasi non formal dengan orang lain. Selain itu juga kita harus belajar tentang mempresentasikan sesuatu termasuk kemampuan beradaptasi dan public speaking.

Problem Solving

Setiap pekerjaan mempunyai hambatan tersendiri. Terkait berbagai masalah yang akan timbul dari pekerjaan tersebut, maka kita harus dituntut untuk memiliki skill problem solving agar permasalahan dapat terselesaikan seefisien mungkin.

Arus modernisasi yang cepat memberi pengaruh yang cukup besar pada berbagai jenis pekerjan. Akibatnya, setiap perusahaan juga harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, termasuk perubahan masalah. Di era digital ini, masalah yang muncul akan semakin kompleks dan dinamis, sehingga perlu cara penyelesaian yang rumit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x