Mohon tunggu...
Rembulan Permata
Rembulan Permata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Accouting 18

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengapa Keterampilan Mendengarkan Penting Bagi Pemimpin?

3 Agustus 2021   11:45 Diperbarui: 5 Agustus 2021   08:12 50 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Keterampilan Mendengarkan Penting Bagi Pemimpin?
ilustrasi listening skill. sumber : kesekolah.com

Keterampilan mendengar atau listening skill merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Hal ini dapat juga berhubungan dengan kualitas komunikasi. Komunikasi yang buruk dan tidak berjalan dengan baik dapat dikarenakan salah satu individu tidak melakukan proses mendengarkan dengan baik atau tidak efektif. 

Jadi akan menyebabkan terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi itu, bahkan hal terburuknya akan berakhir dengan kekecewaaan, ketidakpuasan, atau kesalahpahaman yang berujung konflik antara kedua belah pihak.

Kemampuan mendengar adalah salah satu perilaku yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mendukung gaya kepemimpinannya. 

Misalnya dalam pendekatan gaya kepemimpinan situasional disebutkan bahwa mendengar merupakan salah satu perilaku yang diperlukan oleh seorang pemimpin untuk dapat memberikan dukungan kepada bawahan maupun dalam rangka membangun relasi atau hubungan dengan mereka. 

Sebagai seorang pemimpin, membangun keterampilan mendengarkan aktif sangat penting untuk memecahkan masalah, membangun kepercayaan, dan memenangkan hati dan pikiran orang-orang.

Menjadi pendengar yang baik membuat seorang pemimpin lebih dihargai.

Tidak bisa dipungkiri bahwa proses mendengarkan merupakan dasar dari hubungan yang baik antara pemimpin dengan bawahan atau pengikutnya. Empati dan mendengarkan adalah hal yang selalu beriringan. Maksudnya adalah seorang pemimpin akan terlihat berempati atau memiliki kecerdasan emosional apabila ia mendengarkan orang lain. 

Bila seorang pemimpin mampu mengendalikan dan melakukan sikap lebih banyak mendengar, maka hasilnya akan luar biasa bagi organisasi yang dipimpinnya. 

Selain bisa membangun hubungan yang baik dengan bawahannya, hal ini juga dapat membuat rekan kerja atau bawahan kita merasa diperhatikan. Seorang pemimpin yang mempunyai kemampuan mendengarkan juga cenderung lebih dihargai ketimbang seorang pemimpin yang hanya banyak bicara namun tidak mau mendengarkan kritikan atau masukan dari orang lain.

Listen with curiosity. Speak with honesty. Act with integrity. The greatest problem with communication is we don't listen to understand. -Roy T. Bennett

Sebagai jalan masuk menuju kepemimpinan yang efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x