Mohon tunggu...
Relma Reifana Hero
Relma Reifana Hero Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Mulawarman Fakultas FISIP Prodi Administrasi Bisnis

-

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Membangun Bisnis Buat Pemula

23 September 2022   01:12 Diperbarui: 23 September 2022   01:11 72 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Membangun bisnis di bidang apapun tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, kita semua bisa memilih mau sukses di bidang apa saja. Untuk mencapai kesuksesan kita membutuhkan kerja keras, konsisten dan berani untuk menghadapi kegagalan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan itu adalah menjadi pengusaha dan mulai berbisnis di usia dini. 

Para pebisnis pemula mungkin akan mengalami beberapa masalah dalam memulai bisnis, salah satunya adalah gugup. Karena gugup itu, kita cenderung mencari alasan untuk tidak fokus pada bisnis yang baru mau kita mulai.

Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha, tetapi mereka tidak pernah melakukannya. Mereka di bebani dengan alasan dan ketakutan akan kegagalan, mengkhawatirkan risiko bisnis adalah hal yang wajar bagi pemula. Intinya jangan banyak alasan untuk memulai suatu bisnis.

Ada beberapa hal penting nih yang perlu di terapkan di jiwa pebisnis, yaitu perencanaan, eksekusi dan ambil keputusan. Kalau mau buka bisnis perencanaan yang di siapkan harus benar-benar matang bisa mengeksekusi, menjalankan, dan yang paling penting berani ambil keputusan. 

Dalam hal apapun kalau kita melakukannya dengan senang hati, maka saat menjalankannya pun jadi lebih mudah. Begitu pun dengan bisnis, beberapa pengusaha sukses membangun bisnisnya berdasarkan hobi atau hal yang suka dilakukan, itulah kenapa mudah sekali bagi mereka mendapatkan keuntungan dari bisnis yang mereka sukai. 

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh sebab itu penting sekali untuk bersikap terbuka terhadap pendapat orang lain. Karena berkonsultasi dengan orang lain seperti teman atau orang sukses lainnya, dapat memberi pelajaran yang berharga dari apa yang mereka lakukan. 

Sebagai pebisnis baru, cobalah memulai dari hal yang kecil dulu. Risiko untuk mengalami kegagalan pasti ada dalam berbisnis, dan untuk hal ini yang menjadi masalah utama adalah modal atau uang, jadi agar tidak mengalami kerugian yang terlalu besar, ajaklah teman atau rekan kerja untuk membangun bisnis bersama.

Saat bisnis mengalami krisis, maka strategi bisnis menjadi salah satu hal penting yang wajib di cermati. Jangan sungkang untuk mengubah strategi bisnis, siapkan beberapa strategi cadangan dan terapkan salah satu strategi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi bisnis sekarang.

Krisis dalam bisnis mungkin saja akan membuat terpuruk dan kebingungan. Sebagai pebisnis, harus tetap fokus dan menghadapi krisis bisnis dengan tenang. Hal ini akan memungkinkan mengambil keputusan yang tepat, agar bisnisnya bisa melewati masa-masa sulit yang di hadapi.

Selanjutnya adalah mempromosikan bisnis yang baru di bangun. Dalam melakukan pemasaran secara online atau offline, iklan dan endorse di nilai bisa menarik banyak perhatian orang. Namun, tak selamanya iklan bisa membuat orang membeli sebuah produk. Sebagus dan semenarik apapun iklannya kalau penawaran produknya tidak menarik maka konsumen tidak tertarik untuk melihat atau membeli.

Memberikan pelayanan khusus pada konsumen merupakan inovasi yang bisa di lakukan, supaya konsumen tetap setia dengan produk kita. Misalnya, memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online maupun gratis ongkos kirim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan