Media

Cara Beradaptasi dengan Pekerjaan

15 Mei 2018   12:30 Diperbarui: 15 Mei 2018   12:38 141 0 0

Dalam mengawali sebuah pekerjaan apalagi kali pertama kita dalam bekerja di suatu tempat tentunya kita harus bisa beradaptasi disnilah kita sebagai seseorang yang baru dituntut agar bisa cepat berbaur dengan yang lain. Dan dengan tuntutan yang seperti itulah kita akan mengerti betapa pentingnya Hard Skill dan Soft Skill , kedua komponen ini harus benar-benar kita kuasai. 

Hard Skill adalah Kompetensi teknis dan akademis sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dipelajari, sedangkan Soft Skills diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, ang lebih mengutamakan kemampuan intra daninterpersonal. 

Soft Skil adalah bagian terpenting sebelum kita menunjukan kepad rekan kita akan Hardk Skill yang kita miliki dalam kata lain Soft Skill adalah pelengkap dari Hard Skill menilik dari kalimatnya "Soft" yang berarti lembut adalah suatu kemampuandalam diri kita seperti watak, kepribadian, sifat, kepekaan, kepedulian, optimisme dll. Karena dalam dunia interaksi kita membutuhkan soft skill dalam bernegosiasi dalam bermusyawarah dan lain sebagainya.

Kembali kedalam pembahasan Cara Beradaptasi dalam Pekerjaan diluar dari kata-kata Soft Skill dan Hard Skill. Kemampuan kita untuk beradaptasi di dalam lingkungan atau tempat baru pastinya kelak akan  mempengaruhi karir kita di masa yang akan datang. Akan tetapi menjadi sangat tidaklah mudah jika kita tidak mengetahui bagaimana melakukan atau beradaptasi yang baik pada lingkungan. Kita harus benar-benar memiliki banyak keterampilan sebagi syarat mahir dalam beradaptasi pada suatu lingkungan baru.    Dan semua keterampilan yang harus kita miliki itu ada dalam komponen-komponen Soft Skill.diantaranya adalah :

Ketrampilan berkomunikasi yang efektif

* Inovasi dan kreativitas

* Berpikir analitis

* Fleksibilitas

* Kesiapan untuk berubah

* Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar

* Ketrampilan interpersonnal

* Ketrampilan negosiasi

* Ketrampilan persuasif

* Ketrampilan mengatur waktu

* Kemampuan memecahkan masalah

* Kemampuan beradaptasi

* Kemampuan memimpin dan membangun tim

Hal-hal diatas adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang dalam pengembangan tatacara beradaptasi di lingkungan. Dapat disimpulkan dalam beradaptasi pada suatu lingkungan haruslah kita mempunyai attitude yang baik (Good Attitude) karena seseorang akan dinilai baik pertama dalam segi etika, dan sopan santunnya.

Dan jika masih merasa kesulitan beradaptasi kerja, ada baiknya kita fokus pada apa yang akan menjadi pekerjaan kita , apalagi apa yang diterapkan di dalam pekerjaan berbeda dengan nilai kepribadian kita dan ketika kita berbeda values maka lebih baik kita memfokuskan diri pada diri sendiri terlebih dahulu. Sekian Dan Terimaksih