Mohon tunggu...
Reisha Haifa Harahap
Reisha Haifa Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Reisha! Saya adalah Mahasiswa jurusan Hukum Universitas Katolik Parahyangan. Salam kenal!βœ‹πŸ»

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

27 November 2022   02:38 Diperbarui: 27 November 2022   02:49 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengikuti Geladi Hominisasi pada tanggal 20 November 2022 pada pukul 08.00 WIB. Geladi Hominisasi Β diadakan di Β zoom/online. Sebelum Geladi Hominisasi dimulai, saya dikasih tugas pra Geladi terlebih dahulu. Salah satunya yaitu menyimak lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza dan memilih bagian syair yang menarik dari lagu tersebut. Setelah itu saya mengisi beberapa pertanyaan dari google form. Pada hari H geladi, saya dan teman-teman kelompok dalam breakout room di zoom meetings berdiskusi mengenai topik hari pahlawan hasil dari diskusi tersebut dipresentasikan secara berkelompok.

Menurut saya berfikir menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara perlu dilakukan karena dapat membantu seseorang untuk menemukan dan menyelesaikan sebuah masalah.
semua pemikiran ini perlu disampaikan dengan benar dan jelas, itulah mengapa dibutuhkan sebuah alat untuk menyampaikan logika yaitu bahasa.

Setelah mengikuti acara geladi Hominisasi, saya menambah wawasan mengenai beberapa peristiwa sejarah dan saya belajar untuk bisa berdiskusi dalam kelompok,mengatur waktu dengan baik dan berbicara di depan umum. Gladi Homonisasi mengajarkan saya tentang kreativitas. Saya belajar berkomunikasi dan membangun sinergi dengan orang yang belum saya kenal.

Dari aktivitas geladi Hominisasi ini saya merasa saya untuk berani mulai berbicara di depan orang baru akan meningkat. Saya juga dapat belajar untuk memiliki kemampuan berpikir secara logis menggunakan logika dan berbahasa yang baik dan sopan.

Menurut saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir berbahasa sebagai warganegara adalah kita tidak boleh menggunakan bahasa-bahasa informal/gaul, harus menguasai materi yang hendak dipresentasikan, dan percaya diri sehingga dapat menarik perhatian audience. Kemampuan sosialisasi dapat diterapkan dalam pembelajaran kuliah seperti dalam kerja kelompok.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun