Mohon tunggu...
Regina Phasya
Regina Phasya Mohon Tunggu... Mahasiswi

"writing is a way of talking without being interrupted."

Selanjutnya

Tutup

Musik

Aespa; "Virtual Idol" Pertama Garapan SM Entertaiment

5 November 2020   13:54 Diperbarui: 12 November 2020   08:46 179 2 0 Mohon Tunggu...

Agensi besar asal Korea Selatan, SM Entertaiment secara resmi mengumumkan debut Aespa sebagai girl group baru mereka pada Senin (26/10/2020) pukul 01.00 KST atau Minggu, pukul 23.00 WIB melalui teaser misterius dengan sebuah logo berlatar belakang gelap bertuliskan 'aespa'.  

Setelah sukses membuat para penggemar penasaran, pada pagi harinya SM Entertaiment mengkonfirmasi bahwa Aespa merupakan nama girl group baru pertama mereka yang akan didebutkan pada 17 November 2020 dengan single "Black Mamba" pasca 6 tahun debut Red Velvet ditahun 2014 sekaligus menjadi group K-pop yang pertama dikenalkan setelah debut NCT pada 2016.

Mengusung konsep yang tak biasa, yakni 'Avatar Experience' berbagai aspek futuristik akan ditampilkan oleh Aespa. Diketahui bahwa nama Aespa sendiri merupakan perpaduan dari "avatar, experience and aspect" dengan makna mengalami dunia baru melalui avatar lain dari diri sendiri. 

Usai menangani project konser boy group Avengers; SuperM 'Beyond Live' pada bulan April silam dengan menggandeng JYPEnt, barulah dari sini muncul keinginan bagi keduanya untuk berinovasi membangun perusahaan gabungan yang mengkhususkan diri kedalam pertunjukkan online menggunakan Augmented Reality (AR) untuk memungkinkan adanya interaksi antara penonton dan artis pada waktu real-time.

Dilansir dari Soompi, Lee Soo Man menjelaskan konsep kreatif miliknya terkait misi akan masa depan dunia hiburan, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai inti dari konsep SM Culture Universe (SMCU) melalui 2020 World Cultural Industry Forum. "Aespa memiliki member yang ada di dunia nyata maupun anggota avatar di dunia maya. Kedua member ini akan berinteraksi melalui dunia digital yang menyatukan mereka seperti apa yang sudah ditampilkan dalam teaser", lanjutnya. Menurut Lee Soo Man, saat ini industri hiburan dituntut berubah dari ranah konvensional menuju aspek yang lebih canggih. Tidak hanya sebatas pemberitaan berbasis online tetapi juga merambah pada konser dan jumpa fans. Soo Man juga memproyeksikan industri hiburan akan semakin maju terlebih pada kondisi pandemi yang mengharuskan orang-orang untuk tetap tinggal di rumah demi menjaga jarak.

Sumber:

[1] Detik.com - Melvina Tionardus, "Girl Group Baru SM Entertainment aespa Bakal Debut pada November 2020". Diakses pada 4 November 2020 pukul 19.07 WIB. 

[2] Tribunjogja.com - Bunga Kartikasari, "Mengenal Aespa, Girlgroup Baru yang Akan Didebutkan SM Entertainment 17 November Mendatang". Diakses pada 4 November 2020 pukul 20.51 WIB.

[3] Republika.co.id - Umi Nur, "SM Entertainment Resmi Umumkan Debut Aespa, Girl Group Baru". Diakses pada 4 November 2020 pukul 22.47 WIB.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x