Mohon tunggu...
Refika Safitri
Refika Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Kimia

Sedang menempuh pendidikan S-1 di Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Lapang Jombang: Buruan Sae Baru di Babakan Asih

17 Agustus 2022   16:56 Diperbarui: 18 Agustus 2022   06:05 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi: Lapangan Jombang

Program pemanfataan lahan tidak produktif, Buruan Sae, telah dilaksanakan di Lapang Jombang Kelurahan Babakan Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung.

Buruan Sae merupakan program urban farming terintegrasi yang ditujukan untuk menanggulangi ketimpangan masalah pangan yang ada di Kota Bandung. Program ini dapat dilaksanakan sekaligus merealisasikan ajakan dari Presiden Jokowi untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman produktif.

Lapang Jombang yang sebelumnya merupakan lahan kosong bekas pabrik tidak terawat, disulap menjadi balai warga yang tidak hanya digunakan sebagai Buruan Sae baru, tetapi juga untuk beberapa kegiatan warga, seperti tempat perkumpulan warga, senam ibu-ibu, acara kesehatan, dan acara yang terdekat adalah tempat perlombaan 17 Agustus.

Ruang Terbuka Hijau di Jombang (Dokumentasi pribadi)
Ruang Terbuka Hijau di Jombang (Dokumentasi pribadi)

Buruan Sae Jombang tidak hanya sebagai lahan untuk komoditas pangan, tetapi juga sebagai ruang terbuka hijau baru yang dimiliki Kelurahan Babakan Asih. Beberapa tanaman hias yang telah ditanam, seperti bunga mawar, lidah mertua, bayam hias, dan aglaonema membuat Lapangan Jombang menjadi lebih cantik dan menarik.

"Berbekal bantuan dari Dinas Pertamanan Kota Bandung, program Buruan Sae ini baru mulai dijalankan pada awal tahun 2022," ucap Cecep selaku ketua RT setempat. Program ini juga sekaligus upaya dalam rangka pencegahan stunting pada anak di Babakan Asih, khususnya di Kawasan RW 02.

Menurut data statistik, jumlah anak yang terkena stunting di Kota Bandung pada tahun 2021 sebanyak 7.568 balita. Meskipun angka tersebut telah berkurang sebanyak 1,34 persen dari tahun sebelumnya, tetapi dengan jumlah sebanyak itu masih menjadikan Kota Bandung sebagai salah satu kota dengan jumlah kasus stunting yang tergolong tinggi.

Dengan adanya Buruan Sae, hasil komoditas pangan yang nantinya akan diberikan kepada warga yang membutuhkan, diharapkan dapat membantu mengurangi angka stunting pada anak. Selain itu, program ini juga merupakan langkah konkret dalam menghadapi krisis pangan yang tengah dihadapi akibat adanya perang Rusia dan Ukraina.

Beberapa komoditas pangan yang telah ditanam di Buruan Sae Jombang (Dokumentasi pribadi)
Beberapa komoditas pangan yang telah ditanam di Buruan Sae Jombang (Dokumentasi pribadi)

Beberapa jenis komoditas pangan yang telah ditanam di Buruan Sae Jombang, yaitu pakcoy, kangkung darat, bawang daun, tomat, selada air, dan seledri. Sedangkan, tanaman bumbu atau rempah, seperti jahe, lengkuas, bawang merah maupun bawang putih masih belum banyak diproduksi karena keterbatasan media tanam yang dimiliki. Padahal, tanaman bumbu atau rempah tidak kalah penting dengan sayuran dan bahkan dapat membantu mengurangi pengeluaran bagi masyarakat yang membutuhkan saat harga bahan komoditas tersebut melonjak tajam, khususnya bawang-bawangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan