Edukasi

Manfaat Pohon Aren dari Daun Sampai Akar

18 September 2018   13:34 Diperbarui: 18 September 2018   18:24 2029 0 0

Siapa yang tidak mengetahui pohon yanga satu ini yaitu pohon aren. Pohon aren adalah pohon yang banyak tumbuh di Indonesia, dulu pohon aren banyak tumbuh di hutan karena pohon ini multi guna atau hampir dari semua bagian pohon aren bisa di manfaatkan dan cara menanamnya pun mudah, pohon ini banyak di budidayakan di Indonesia.

Beberapa manfaat pohon aren antar berikut :

Daun aren yang tua bisa di gunakan untuk membuat atap rumah sedangkan yang muda bisa digunakan untuk penganti kertas untuk membuat rokok manual.  Lidi dari daun aren bisa digunakan juga untuk sapu lidi, kerajinan tangan yang di buat dengan menggunakan lidi aren dan bisa mempunyai nilai jual yang tinggi.

Ijuk pohon aren juga bermanfaat untuk membuat tali ijuk aren yang sangat berguna bagi masarakat perdesaan, untuk mengikat bamboo ataupun kayu kekuatan tali aren sangat lah kuat sehingga banyak orang yang menggunakan tali ijuk aren ini, di samping itu juga bisa untuk membuat sapu ijuk yang mungkin bisa bernilai rupiah, pada kebanyakan orang yang melakukan budidaya ikan bisa memanfaatkan ijuk dari pohon aren untuk sarang telur ikan, ijuk juga bisa di gunakan untuk penyaringan air.

Buah aren juga di gunakan sebagai bahan pangan yaitu kolangkaling, siapa yang belum pernah merasakan dan menjumpai buah yang satu ini, buah ini kerap di gunakan untuk membuat es dawet ataupun manisan yang sangatlah enak rasanya.

Nira aren, apa itu nira aren? nira ini banyak juga kegunaan ataupun manfaat, nira aren dapat dibuat sebagai minuman, gula aren yang banyak sekali peminatnya dan juga manfaatnya, gula aren juga bisa untuk di jual karena sekarang banyak orang yang mencari gula aren. Nira aren juga dapat di gunakan sebagai etanol dengan cara fermentasi, etanol sebagai penganti minyak tanah ataupun bahan bakar lainnya.

Kayu atau batang aren bisa digunakan untuk membuat paapan untuk kebutuhan bahan bangunan, disamping itu batang aren bisa di gunakan untuk membuat pati aren atau sering di sebut tepung aren, tepung aren ini bisa di gunakan untuk bahan makanan, komestik, bahan baku industry,pakan ternak. 

Adapun cara membuat tepung aren yaitu batang aren di belah menjadi dua setelah di belah di giling dengan menggunakan mesin giling setelah itu serat -- serat di rendam dengan air dan di peras di suatu tempat atau bak, setelah itu didiamkan sekitar 1 hari hingga pati aren mengendap setelah mengendap semua kuras air dan ambil pati tersebut lalu keringkan. Serat-serat yang tidak di gunakan bisa dibuat untuk pakan ternak, banyak gizi yang bagus buat pertumbuhan hewan ternak dan juga buat membudidayakan cacing .

Akar aren ternyata juga memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan manusian, sudah banyak akar aren ini di gunakan untuk obat herbal. Adapun obat yang dibuat untuk menyembuhkan penyakit seperti kencing batu, cara menggunakan dengan cara merebus segengam akar aren dengan menggunakan 3 air, samapi menyusut menjadi 2 gelas airnya, di minum secara rutin 2 kali sehari. Untuk mengobati memar atau bengkak, akar aren ini juga di percaya bisa mengobati lika memar atau bengkak. Hal ini bisa terjadi karena akar aren memiliki kandungan anti-inflamantory yang dapat membantu tubuh dalam melawan rasa sakit dan membantu mempercepat penyembuhan luka dan juga masih banyak lainnya.

Sekian manfaat pohon aren dari daun sampai akar. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang memiliki pohon aren dan bingung kegunaan pohon aren tersebut. terimakasih