Mohon tunggu...
R. Syrn
R. Syrn Mohon Tunggu... Lainnya - pesepeda. pembaca buku

tentang hidup, aku, kamu dan semesta

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Bersepeda Mengelilingi Pulau Gili Trawangan

20 Februari 2024   18:55 Diperbarui: 20 Februari 2024   19:03 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak ada yang lebih menyenangkan selain bersepeda di rute yang udaranya bersih, tanpa adanya asap kendaraan bermotor sama sekali. Walaupun sering blusukan bersepeda melewati tempat-tempat yang cukup sepi, tapi sekali waktu justru daerah yang bersih nonasap itu justru tempatnya di beberapa titik cukup ramai dengan manusia.

Itulah GIli Trawangan.  Pulau kecil di Nusa Tenggara bagian Barat yang memang telah kondang sejak lama.  Tahun 2023 kemarin akhirnya berkesempatan mengunjungi pulau yang indah namun cukup penuh dengan pengunjung.  Setelah mengarungi ombak yang cukup tenang selama kurang lebih setengah jam akhirnya sampailah di pinggiran pantai pulau yang amboi kenapa ada tempat seindah itu di negeri ini?

Sumber gambar: dokpri
Sumber gambar: dokpri

Setelah berjalan kaki sejenak dari pelabuhan Gili.  Akhirnya tak tertahankan keinginan untuk bersepeda mengelilingi pulau. Apalagi melihat jejeran sepeda yang disewakan di sepanjang pulau teramat menggoda untuk tidak diwujudkan.  

Sewa sepeda yang rata-rata berjenis city bike itu hanya Rp. 50.000,- sepuasnya.  Cukup murah untuk harga dewa di tempat wisata yang indah tersebut.  Konon dulu sempat disewakan dengan harga yang sama, cuma untuk satu jam.

Pilihan pun jatuh pada sepeda berwarna kuning mentereng.  Setelah deal dengan penyewa, sepeda pun dikayuh.  Sepeda jenis city bike memang pas digunakan di jalan yang relatif datar, tak perlu percepatan yang banyak.  Apalagi ternyata sepeda yang saya sewa diseting dengan baik, dikayuh pun terasa nyaman.

Sumber gambar: dokpri
Sumber gambar: dokpri

Jalanan yang mengeliling pulau beberapa bagian terdiri dari bata press, sebagian lagi cuma berupa tanah padata, bahkan ada di beberapa titik yang masih berupa pasir pantai, jadi mau tak mau sepeda harus dituntun beberapa ratus meter karena tak akan bisa dinaiki di jalan berpasir yang cukup tebal.  Tapi justru nuansa alami jalan seperti itu yang terasa sangat menyenangkan.

Sumber gambar:dokpri
Sumber gambar:dokpri

Walaupun udaranya cukup panas saat siang hari, namun relatif tak terasa karena segarnya udara.   Tak terasa perjalanan mengeliling pulau terselesaikan sekitar setengah jam saja dengan kecepatan yang relatif santai.  Itu karena keliling pulau Gili Trawangan jaraknya hanyalah sekitar 7 kilometer saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun