Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

The First Responders, Drakor Seru tentang Damkar

19 November 2022   07:56 Diperbarui: 19 November 2022   08:02 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dari tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Ada-ada saja tema yang diangkat oleh sineas Korea untuk dijadikan cerita, kali ini adalah tentang kiprah regu pemadam kebakaran dalam membantu masalah yang terjadi di masyarakat.  Seperti juga di dunia nyata, anggota damkar seringkali bekerja sama dengan institusi lain dalam menanggulangi masalah yang terjadi berdasarkan panggilan dari masyarakat, seperti kepolisian dan tenaga medis.

Begitu juga di dalam drakor ini yang baru tayang dua episode.  Episode pertama langsung menyentak dengan adegan anggota damkar yang uru-buru menghabiskan makanannya akibat ada panggilan darurat dari pusat informasi terkait penculikan seorang perempuan yang akhirnya bisa menghubungi petugas lewat headsetnya yang tersambung ke handphone.

Anggota damkar beserta tim medis dan seorang anggota kepolisian yang cukup rebel, saling membantu untuk membebaskan korban dari penculiknya.  Korban yang disekap di dalam salah satu kamar di sebuah komplek apartemen yang terdiri dari ribuan tempat tinggal tentu saja mengakibatkan kesulitan untuk mencari lokasi kejadian secara persis.

Korban yang terluka dan kehabisan banyak darah juga menjadi prioritas untuk cepat ditemukan dan diselamatkan.  Ide yang dilontarkan oleh tiap anggota tim untuk dieksekusi dalam keadaan darurat menjadi menarik, pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam keadaan kritis dan dikejar waktu.

Hal yang sangat menarik adalah penggunaan teknologi dalam memecahkan masalah darurat, seperti penggunaan drone dan alat pendeteksi suhu panas untuk melacak sumber api yang muncul di lokasi penculikan.

Juga bagaimana koneksi dan keterlibatan antar petugas di institusi yang berbeda yang disatukan oleh teknologi komunikasi yang handal, sangat membantu dalam menemukan dan menyelesaikan permasalahan.

Fokus lainnya tentu saja, sarana prasarana yang digunakan dalam operasi penyelamatan.  Seragam pemadam standar yang digunakan, peralatan pemadam yang sangat lengkap, juga mobil operasional yang digunakan.  Sepertinya hal yang ideal dan diidamkan oleh regu pemadam kebakaran dimanapun di dunia ini.

Sesuai dengan judulnya, kisah tim di lapangan yang siap sedia merespon laporan dari masyarakat terkait masalah darurat yang seringkali menyangkut nyawa manusia, sangat menarik untuk diikuti.  Paling tidak setelah menontonnya, kita dapat mendapatkan gambaran tentang para penolong yang hadir di sekitar kita.  Siap sedia 24 jam membantu masyarakat sesuai jiwa penolong yang berakar di raga mereka.

Kalau sudah begini, saya jadi teringat akan tulisan Yudha Brama Jaya yang tertulis di logo seragam pemadam kebakaran di negeri ini yang bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan kebakaran.  Apalagi di serial drama itu juga diceritakan sebagian teknik terkait pemadaman kebakaran, juga hal-hal teknis terkait pengaruh api di dalam ruangan, yang akhirnya secara tak langsung membantu dalam penyelesaian penculikan.

Alur cerita yang menarik, ketegangan yang tercipta, pengambilan keputusan di saat darurat, dan tentu saja pemain yang cukup keren menjadikan drakor ini sekarang konon mencapai rating tertinggi di saat tayang perdana.  Drama tentang kiprah tim pemadam kebakran di Korea ini bisa disaksikan di saluran Disney+Hotstar.

Selamat menonton.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun