Mohon tunggu...
Rudi I
Rudi I Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar sastra Inggris 🇬🇧
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selamat datang di blog yang membahas tentang kebarat-baratan

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Cara Beradaptasi Sebagai Mahasiswa Asing di Australia

18 Juni 2021   05:15 Diperbarui: 18 Juni 2021   05:18 37 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Beradaptasi Sebagai Mahasiswa Asing di Australia
Sumber gambar: unimelb.edu.au

Australia adalah tempat terbaik untuk melanjutkan studi di luar negeri karena memiliki sistem pendidikan dan gaya hidup yang baik. Banyak mahasiswa yang datang dari berbagai negara mencoba belajar di sana. 

Penelitian menunjukkan bahwa ada 30% mahasiswa yang berasal Cina, 25% dari Asia Tenggara, 20% dari Timur Tengah, dan dari 25% negara lain. Hal ini tentu membuat Australia memiliki keragaman budaya dari berbagai negara. 

Sebagai pendatang, kita harus mengetahui dan beradaptasi dengan budaya Australia untuk tinggal di sana. 

Ada beberapa faktor yang membuat mahasiswa kesulitan beradaptasi di sana, misalnya perbedaan usia, tidak memiliki pengalaman tinggal di luar negeri sebelumnya, dan kemampuan bahasa.

Berikut cara beradaptasi tinggal di Australia. Pertama, pernahkah Anda mendengar peribahasa berikut ini "When in Rome, do as the Romans"? Artinya dimanapun Anda berdiri, patuhi aturan tempat Anda berada. Ini sama aja dengan Anda sebagai seorang pendatang yang akan belajar di Australia, jadi Anda harus melakukan hal yang biasanya dilakukan oleh orang Australia. Kedua, cobalah untuk mempelajari bahasa mereka. Kita tahu bahwa Australia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa mereka, tetapi mereka tampaknya memiliki bahasa Inggris yang berbeda dari biasanya. Jika Anda dapat berbicara seperti orang asli, itu akan sangat membantu Anda ketika berbicara dengan orang Australia. Ketiga, cobalah untuk menyukai makanan Australia. Kebanyakan makanan Australia adalah kue dan manis, jadi jika Anda berasal dari Asia, rasanya sangat sulit karena banyak orang Asia menyukai makanan pedas. Namun, jika Anda tidak mencoba menyukai makanan Australia, mari kita lihat berapa lama Anda bisa tinggal di sana. Terakhir, menjalin hubungan yang baik dengan siapapun. Tidak masalah dengan siapa Anda berteman, tetapi cobalah berteman terutama dengan orang-orang lokal. Teman-teman lokal akan dengan mudah membantu Anda jika Anda memiliki masalah di sana. Itulah cara-cara beradaptasi di Australia menurut saya.

Belajar di luar negeri seperti mimpi besar bagi sebagian pelajar, khususnya di Australia. Hal ini dikarenakan Australia memiliki sistem pendidikan yang baik di berbagai bidang. Banyaknya jumlah mahasiswa di sana juga menyebabkan Australia menjadi beragam secara budaya. Jika mahasiswa tidak siap menghadapi perbedaan budaya, mereka akan terkena cultures shock. Oleh karena itu, sebelum melanjutkan studi ke luar negeri, sebaiknya persiapkan diri Anda dengan baik terlebih dahulu.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x