Rizky C. Saragih
Rizky C. Saragih Public Relations

Lihat, Pikir, Tulis. Communications Enthusiast | @rizkycsaragih

Selanjutnya

Tutup

Jakarta Pilihan

Capri Everitt, Gadis Cilik Kanada Menyanyikan Lagu Indonesia Raya [SOS Children's Villages]

4 April 2016   01:23 Diperbarui: 4 April 2016   08:19 19 6 1

[caption caption="Capri Everitt bersama anak-anak SOS Children's Villages Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (rcs)"][/caption]

 "Menyanyi adalah talenta dan minat saya. Saya senang dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan haknya khususnya hal mereka untuk mendapatkan pengasuhan yang baik seperti yang selama ini sudah dilakukan SOS Children's Villges di banyak negara lewat villages  yang mereka bangun. Tidak semua anak mengetahui lagu-lagu pop yang terkenal, tapi saya yakin mereka semua pasti bisa menyanyikan lagu kebangsaan mereka. Jadi, lewat Around the World in 80 Anthems ini saya akan menyanyikan lagu kebangsaan mereka - Capri Everitt"

Jakarta (3/4) - Seperti biasanya itu jantung ibu kota selalu diselenggarakan hari bebas kendaraan atau yang biasa kita kenal dengan Car Free Day (CFD). Monumen Selamat Datang membumbung tinggi di atas mata saya, ya setelah sekian lama tidak cfd-an rasanya rindu juga berada di bundaran HI itu. 

Sejuknya udara pagi serta merta pancaran sinar matahari yang sudah mulai mengintip di ufuk Timur sedikit membuat kantuk ini mulai sirna. Waktu menunjukkan pukul 06.20 WIB, ya masih sedikit warga yang berkumpul untuk berolahraga, namun sedikit demi sedikit mulai banyak berdatangan para warga yang ingin merasakan bebasnya kota Jakarta bagian tengah dari kemacetan kendaraan bermotor.

[caption caption="Bundaran HI saat car free day. (rcs)"]

[/caption]

Kali ini sedikit berbeda, biasanya saya habiskan waktu di car free day ini untuk mengucurkan keringat untuk berlari kurang lebih 10 kilometer. Wih niat banget? Bukan niat, tapi iklim olahraga di CFD Bundaran HI sungguh sangat membuat saya bersemangat, hehe...

Jadi kali ini saya ingin melihat langsung sosok anak kecil usia 11 tahun asal negeri Kanada yang bernama Capri Everitt, ia merupakan Duta Remaja termuda dari SOS Children's Villages, sebuah organisasi sosial nirlaba ang bergerak untuk memperjuangkan hak-hak anak. Melalui aksi "Around the World in 80 Anthems", Capri akan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya. Itu salah satu yang menarik bagi saya, ya mungkin bukan saya saja melainkan semua orang bahkan dunia, pasalnya Capri bersama SOS Children's Villages akan mengunjungi 80 negara dan menyanyikan lagu kebangsaan setiap negara yang dikunjunginya. Kegiatan ini merupakan salah satu cara penggalanan dana untuk meraih dana sebesar satu juta dollar guna membantu anak-anak dan keluarga dalam pengasuhan SOS Children's Villages yang tersebar di 134 negara.

Sebelum Capri memulai aksi menyanyikan lagu Indonesia Raya, teman-teman relawan SOS pun menggelar aksi berjalan membawa balon sambil menyanyikan lagu-lagu tradisional Indonesia. Alhasil masyarakat sekitar pun menjadi kepo sedang ada acara apakah gerangan?

[caption caption="Relawan SOS Children's Villages berjalan sepanjang jalur CFD sambil bernyanyi. (rcs)"]

[/caption]

Capri Everitt Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

National Director SOS Children's Villages Indonesia Gregor Hadi Nitiharjo menyambut baik inisatif Capri Everitt dalam membantu anak-anak di berbagai belahan dunia. Komitmen Capri Everitt sebgai duta remaja SOS Children's Villages merupakan wujud upayanya untuk membangun global awareness tentang pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan lewat berbagai kegiatan, salah satunya adalah aksi penggalangan dana "Around the World in 80 Anthems".

Capri juga didukung oleh berbagai elemen masyarakat untuk kegiatan menyayikan lagu Indonesia Raya, salah satunya adalah Komunitas Sahabat Anak Negeri, yang didirikan oleh 5 public figure ternama, yaitu Teuku Zacky, Dira Sugandi, Shanty, Widi Mulya dan Rebecca Reijman.

[caption caption="National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo menyambut baik inisiatif Capri Everitt dan Teuku Zacky dari Komunitas Sahabat Anak Negeri memberikan apresiasi terhadap Capri Everitt dan keluarga. (Leo Burnett Indonesia)"]

[/caption]

Yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, Capri Everitt bersama anak-anak SOS Children's Villages sudah berbaris rapih diatas mini stage yang dikerubungi masyarakat pagi itu. Sikap sempurna layaknya kita sedang melakukan upacara pengibaran bendera merah putih pun dilakukan semua masyarakat yang menonton aksi Capri tersebut. Saya yakin bukan hanya saya yang merinding saat ikut menyanyikan lagu kebangsaan kita itu tapi semua yang ada di sekitar acara itu pun pasti merasakan hal yang sama dengan saya. Luar biasa, Capri benar-benar lihai menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut. Ternyata Capri mempelajari lagu Indonesia Raya dari kedutaan besar RI di Vancouver, alhasil ya bisa pembaca simak sendiri di rekaman video saya.

 

Akhirnya acara pun usai, saya dan teman-teman Kompasianer lainnya pun segera bergegas mencari Capri. Ya tentunya kami ingin foto bareng dan bertanya-tanya banyak hal. Capri memang tidak sendiri dalam aksinya, kekompakan keluarganya terlihat bersama Ayah, Ibu dan Adiknya. Bowen, si cilik berusia 9 tahun ternyata seorang blogger, ia mendokumentasikan aksi mulia kakak perempuannya itu dalam bentuk tulisan yang bisa Anda lihat disini.

[caption caption="Saya bersama Capri dan Bowen. (rcs)"]

[/caption]

[caption caption="Wefie bersama Capri, Keluarga Capri, Kompasianer, SOS Children's Villages Indonesia dan Komunitas Sahabat Anak Negeri. (Harris Maulana)"]

[/caption]

Cherring Up for Kompasiana!

Harapan saya dan kita semua pastinya sosok Capri bisa menjadi contoh berharga untuk putra putri bangsa Indonesia. Dia bisa, lantas putra-putri tanah air juga harus bisa dan lebih pastinya. Stop Child Abuse!

#IndonesiaBicaraBaik