Kita semua tahu bahwasanya perkembangan industri media semakin hari semakin berkembang secara pesat apalagi perkembangan industri media online/ media daring (new media komunikasi) selalu berkembang.Dalam pengoperasian media online/ media baru (new media komunikasi) pasti menggunakan sumber daya manusia sebagai operatornya.
Salah satunya ialah Branchless Banking, Siapa yang tak mengenal Branchless Banking,Branchless banking adalah layanan kantor tanpa bank yang dimana produk ini dibuat oleh Bank Indonesia, OJK, pada tahun 2015 lalu dan diterapkan kepada Bank-Bank Nasional Indonesia. Branchless banking ini bagian perkembangan industri media khususnya media online yang dimana sebagai bentuk komunikasi efektif digital dalam mempermudah pelayanan perbankan masyarakat.
Sampai sekarang dan tahun-tahun berikutnya branchless banking hadir kembali tengah masyarakat Indonesia untuk mempermudah layanan perbankan digital Indonesia yang dimana jauh dari lokasi bank, yang dimana masyarakat bisa melakukan setor tunai,tarik tunai, buka rekening,membayar tagihan dll bisa dilakukannya supaya lebih mudah, perputaran uangnya lebih hidup kembal.
Hadirnya Branchless Banking bagian dari Perkembangan Industri Media, apalagi nantinya memasuki era baru yang dimana perkembangan digital media semakin canggih atau industri 5.0 menggunakan sistem online terus mengikuti perkembangannya dan juga wajib memperjakan sumber daya manusia sebagai operatornya.
Tujuannya adalah untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Terbuka Digital (Open Gov Digital) Khususnya dibidang perbankan lebih akuntabel,transparansi, dan profesional,lebih mudah, praktis dan efisien,tepat sasaran dalam membangun perekonomian berkelanjutan Indonesia di masa depan.
Komunikasi Industri Media & Politi
Raden Cahyo Prabowo,S.I.Kom,M.I.Kom