Mohon tunggu...
RAYNALDI CESAR AKBAR
RAYNALDI CESAR AKBAR Mohon Tunggu... Mahasiswa - POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN

Strive For Greatness

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Urgensi terhadap Konsep Pemasyarakatan bagi Siswa melalui Pengenalan Pendidikan Kewarganegaraan

18 Juni 2021   09:22 Diperbarui: 18 Juni 2021   09:27 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam hal ini dengan pentingnya pendidikan kewarganegaraan yang harus diimplementasikan dalam setiap diri bangsa Indonesia guna untuk memberikan proses terhadap pembentukan warga negara secara ideal Sehingga dalam hal ini berfokus pada tujuan dari pendidikan kewarganegaraan guna untuk memberikan kesadaran penuh bagi proses pembentukan hukum yang ada di Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan ini menjadi salah satu bentuk pengenalan dari UU konsepsi pemasyarakatan bagi siswa untuk jauh lebih memahami adanya teori dan konsep implementasi dari pendidikan kewarganegaraan ini dalam pemasyarakatan. 

Tidak hanya itu di mana dalam hal ini adanya tujuan terhadap pendidikan kewarganegaraan harus membuat seorang warga negara tersebut terdapat dan selektif guna untuk memberikan daya dukung keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dapat diindikasikan dari urgensi pentingnya konsepsi pemasyarakatan bagi siswa terhadap pengenalan pendidikan Kewarganegaraan sehingga bisa memberi suatu legitimasi dari penyimpangan yang dapat saja dilakukan. Hal ini secara langsung akan memberikan suatu daya dukung tersendiri bagi siswa untuk menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan dalam diri mereka serta kemandirian yang dibina sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Maka adanya urgensi terhadap konsepsi Pemasyarakatan harus menjadi suatu konteks yang mandiri bagi binaan peserta didik atau siswa dalam mengembangkan kualitas pengetahuan terutama pada Pendidikan Kewarganegaraan dari konsepsi pemasyarakatan baik dari kualitas diri sendiri maupun kualitas secara berkelompok. Terhadap pemberian suatu pembinaan ini berharap bahwa peserta didik tersebut mampu untuk memberi pemahaman terhadap janji konsepsi dari pengenalan perkembangan pendidikan kewarganegaraan yang harus disiapkan dalam masyarakat secara umum Sehingga dalam hal ini siswa dapat bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan menerapkan konsep persepsi kemasyarakatan melalui pendidikan kewarganegaraan. Sebagaimana ini telah diatur sesuai dengan undang-undang nomor 12 pada tahun 1955 penciptaan dari konsepsi masyarakat ini sendiri adalah mengenai cara pandang dari konflik masyarakat yang ada sehingga diharapkan para siswa tidak hanya belajar melalui pendidikan kewarganegaraan namun juga belajar untuk mengatasi berbagai macam konflik yang ada di masyarakat secara menyeluruh.

Dari pembahasan ini akan menjadi suatu konteks yang berguna bagi pentingnya konsepsi pengenalan masyarakat di kalangan siswa Terutama pada Pendidikan Kewarganegaraan dalam hal ini misalnya diibaratkan suatu narapidana melakukan tindak kejahatan di mana hal ini warga masyarakat harus mampu untuk mengendalikan berbagai macam konflik tersebut dan perkembangannya sesuai dengan adanya Konsepsi Pemasyarakatan yang telah diatur oleh undang-undang. Sehingga dalam hal ini secara menyeluruh dapat dikatakan bahwa masyarakat sendiri merupakan suatu tindakan dari individu tersebut terhadap pelanggaran norma yang dilakukan sebab itu pentingnya legitimasi dari pendidikan kewarganegaraan ini untuk memperkenalkan Bagaimana kondisi dari masyarakat tersebut secara menyeluruh bagi siswa yang diindikasikan dari pendidikan kewarganegaraan ini Untuk menghindarkan berbagai macam penyimpangan yang terjadi di masyarakat terutama dalam lingkup kasus tertentu sehingga dalam hal ini peran yang dimiliki oleh pendidikan kewarganegaraan harus signifikan guna untuk menekankan berbagai macam penyimpangan yang ada di masyarakat terutama pada konsep masalah kemasyarakatan yang ada sehingga dalam hal ini siswa dapat terbentuk jiwa dan karakter yang berkualitas agar dapat bergaul di lingkup masyarakat.

Ditinjau dari segi Pendidikan Kewarganegaraan terhadap pengenalan urgensi terhadap konsep Pemasyarakatan bagi siswa ini tidak hanya diimplikasikan pada proses pembelajaran saja namun harus diterapkan di lingkup masyarakat secara luas agar adanya implementasi tersebut bisa dilakukan oleh para siswa secara maksimal misalnya mengetahui berbagai macam cara bersosialisasi dengan masyarakat dan juga cara bergaul. Yang mana dalam hal ini secara tidak langsung siswa juga telah belajar norma-norma dan juga penyimpangan yang terjadi di masyarakat serta adanya pemilihan secara selektif dalam bertindak perilaku sesuai dengan norma serta susila yang ada di masyarakat tersebut dalam hal ini konsepsi pemasyarakatan bisa lebih dilegitimasi dengan adanya proses pendidikan kewarganegaraan secara menyeluruh ini guna untuk perkembangan dari hidup para siswa itu sendiri dan meningkatkan kualitas hidup.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun