Mohon tunggu...
Muhammad Rayhan
Muhammad Rayhan Mohon Tunggu... HANYA SEORANG MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI

Hanya seorang mahasiswa dari sebuah kampus yang memiliki ambisi sebagai insan kreatif Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Media

Apa Saja Sih Jenis Berita Televisi

13 Oktober 2020   21:46 Diperbarui: 13 Oktober 2020   21:50 49 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Saja Sih Jenis Berita Televisi
Photo by John-Mark Smith from Pexels

Hallo sobat Kompasiana,kali ini saya akan memberikan informasi tentang apa aja sih jenis berita dalam televisi, pasti kakian berpikir berita itu-itu sajakan? Nah ternyata jenis-jenis berita itu ada banyak loh sobat kompasiana. Info ini penting banget loh buat sobat kompasiana yang mau bekerja di Stasiun Televisi atau yang ingin membuat Stasiun Televisi sendiri hehehe. Yuk cek it out!

  1. Berita Terkini

Berita Terkini adalah uraian peristiwa yang mengandung berita dan terjadi pada hari yang sama. Berita Terkini biasanya bersifat timeconcern. Apasih Timeconcern itu? Yaitu penyajiannya sangat terikat oleh waktu, semakin cepat disajikan semakin baik. Namun dengan syarat, nilai beritanya harus kuat gaboleh sembarangan! Nah berita terkini juga dibagi menjadi 3 loh yaitu :

  1. Berita Interpretatif adalah berita yang memfokuskan sebuah isu, masalah, atau peristiwa-peristiwa kontroversial. Intinya berita interpretatif bersifat bertanya, apa makna sebenarnya dari peristiwa tersebut.

  2. Berita Komprehensif : (berita menyeluruh) adalah laporan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek.

  3. Berita Investigatif. Ciri khas berita investigatif terletak pada pencarian fakta tersembunyi dengan cara menelusuri jejak dari peristiwa dan atau pendapat yang sudah diketahui atau fakta di permukaan. 

  1.  Berita Berkala

Nah kedua, ada berita berkala. Apa sih berita berkala itu? Berita berkala itu Merupakan uraian fakta atau pendapat yang nilai beritanya kurang kuat, sehingga penyajian pada khlayak tidak terikat pada waktu (timeless). Uraiannya bersifat linier dan eksploratif. Di dalam berita berkala masih ada jenis lainnya loh yaitu :

  1. Laporan eksploratif 

Uraian fakta dan atau pendapat yang  diperoleh dengan cara menggali (eksplore). Topik pembahasan yang dipilih masih sudah ada dan bersifat umum, kemudian digali lagi menjadi lebih mendalam untuk mencari permasalahan yang ada. 

  1. Laporan khas atau feature 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x