Mohon tunggu...
Rayhan Abi Priyanto
Rayhan Abi Priyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi 23107030111 UIN Sunan Kalijaga

Saya memiliki sebuah hobi mendengarkan musik, juga mengikuti berita Tentang ototomotif Seperti motor, mobil dan lain sebagainya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Harga Yamaha RX King Melonjak? Ini Penyebabnya

21 Februari 2024   20:34 Diperbarui: 21 Februari 2024   20:43 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Yamaha RX King merupakan salah satu motor legendaris yang pernah diproduksi oleh Yamaha. Motor ini dikenal dengan performa mesin yang tangguh, suara knalpot yang khas, dan desain yang sporty. Namun, sejak tahun 2009, Yamaha menghentikan produksi motor ini karena tidak sesuai dengan standar emisi Euro 3.

Meski sudah tidak diproduksi lagi, Yamaha RX King masih memiliki banyak penggemar dan kolektor di Indonesia. Bahkan, harga motor ini terus meningkat dari tahun ke tahun, mencapai puluhan juta rupiah untuk kondisi bekas. 

Menurut data dari OLX, harga Yamaha RX King tahun 1986 berkisar antara Rp9,5-20 juta, Yamaha RX King Cobra tahun 1987 berkisar antara Rp16-35 juta, Yamaha RX King tahun 1991 berkisar antara Rp10-15 juta,  Yamaha RX King tahun 1993 berkisar antara Rp9,8-24 juta, Yamaha rx king tahun 2000 hingga tahun 2005 berkisar antara 25-80 juta. 

Selain harga yang mencapai puluhan juta rupiah Yamaha Rx king juga memiliki spesifikasi motor yang sangat mumpuni seperti, yamaha rx king memiliki panjang 1,970mm, lebar 735mm, tinggi 1065mm jarak dengan tanah 160mm dan kapasitas tanki bahan bakar sebanyak 9,5l.

Tak hanya itu yamaha rx king juga memiliki spesifikasi casis dengan rangka kendaraan berbahan doble cradle serta suspensi depan teleskopik dan suspensi shockbreaker Ganda dan juga memiliki sistem pengereman depan disc brake dan rem belakang  tromol sedangkan ukuran ban depan 2.75inci   dan ban belakang  300 inci dengan diameter rim 18.

Dan spesifikasi mesin yamaha rx king juga dibekali dengan jenis mesin 2 stroke dengan   sistem pendingin udara juga memiliki isi silinder berkapasitas 135cc dengan diameter langkah piston 58,0mm x 50,0mm dengan torsi maksimum 1,54kgf,m/8000rpm dengan daya maksimum 18,5 ps/9000 rpm serta dengan di bekali transmisi manual 5 speed dan dengan sistem bahan bakar karburator berjenis mikuni dengan kode Vm26x1 

Lalu, apa yang menyebabkan harga Yamaha RX King melonjak? Berikut adalah beberapa faktornya:

Faktor nostalgia. Yamaha RX King merupakan motor yang identik dengan masa muda generasi 80-an dan 90-an. Banyak orang yang ingin membeli motor ini untuk mengenang masa lalu mereka, atau untuk memenuhi impian mereka yang tidak terwujud saat itu. 

Selain itu, Yamaha RX King juga memiliki komunitas yang besar dan solid, yang sering mengadakan acara-acara seperti touring, kopdar, atau bakti sosial. Hal ini membuat para penggemar Yamaha RX King merasa memiliki ikatan emosional dengan motor ini.

Faktor kualitas. Yamaha RX King memiliki kualitas mesin yang sangat baik, yang bisa bertahan hingga puluhan tahun dengan perawatan yang baik. Mesin Yamaha RX King juga memiliki tenaga yang besar, mencapai 18,5 hp pada 8000 rpm, dan torsi yang tinggi, mencapai 19,5 Nm pada 6000 rpm3. 

Selain itu, Yamaha RX King juga memiliki sistem pendingin udara, yang membuat mesin tidak mudah panas dan awet. Yamaha RX King juga memiliki desain yang aerodinamis, yang membuatnya stabil dan nyaman dikendarai di kecepatan tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun