Mohon tunggu...
ANIYAR
ANIYAR Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Nama saya Aniyar. Panggilan saya Ani. Hobi saya menyanyi,menulis dan jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penyebab Rendahnya Kemampuan Speaking Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris

1 Desember 2022   23:11 Diperbarui: 1 Desember 2022   23:22 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"I love you Mom...." satu kalimat itulah yang selalu di ulang ulang oleh siswa saat mata pelajaran bahasa inggris. Bagaimana tidak, kemampuan berbicara dalam bahasa inggris mereka memang masih sangat rendah. Mereka cendrung tidak mau untuk mencoba dan lebih memilih untuk diam saat guru menerapkan one day English.

Namun bagi sebagian siswa, berbicara bahasa inggris adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena bahasa inggris adalah bahasa yang mudah dan menyenangkan sekali untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris, diantaranya adalah:

  • Kurangnya rasa percaya diri

Kurangnya rasa percaya diri yang ada dalam diri siswa membuat mereka tidak mau untuk mencoba dan melakukan praktek kepada temannya. Padahal semua itu dapat menghambat kemampuan berbicara bahasa inggris mereka. 

Mereka tidak sadar, bahwa bahasa adalah hal yang harus menjadi kebiasaan, sehingga akan menjadi terbiasa menggunakannya. Ibarat kita adalah seorang bayi yang baru lahir, maka tidak akan bisa berbicara sama sekali jika kita tidak mau mencoba mengucapkan kata demi kata. Jika semua bayi tidak mau mencoba berbicara seperti para siswa dalam berbahasa inggris, maka tidak akan ada orang yang berbicara didunia ini.

  • Kurangnya rasa keinginan untuk mencoba

Kurangnya rasa ingin mencoba dan melakukan hal hal yang baru juga sangat mempengaruhi kemampuan berbicara dalam bahasa inggris siswa. Mereka lebih bersikap pasif dan diam karena kurangnya keinginan tersebut. 

Dalam hal ini, guru sangat berperan penting dalam meningkatkan rasa keingin tahuan tersebut dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga terbuka rasa ingin tahu siswa untuk mencoba.

  • Belum terbiasa berbicara bahasa inggris

Tidak sedikit siswa yang memang tidak atau belum terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. hal ini disebabkan karena bahasa ibu yang digunakan siswa adalah bahasa daerah. sehingga tidak menutup kemungkinan lidah mereka terasa kaku dan tebal saat berbicara bahasa inggris.

  • Kurang memahami kosakata terkait topik cerita

Selain kurangnya rasa ingin tahu dalam hal hal baru, kurangnya memahami kosakata atau vocabularies dalam topik yang akan dibicarakan juga sangat mempengaruhi dalam kemampuan berbicara siswa. Mereka tidak memiliki perbendaharaan kata dalam topik pembicaraan.

  • Kurangnya pemahaman siswa  akan tenses

Tenses adalah hal yang sangat penting dalam proses belajar berbicara siswa. Walaupun dalam pembelajaran guru terkadang menyebutkan kalimat bahwa dalam belajar berbicara bahasa inggris, jangan terlalu memperhatikan grammar, akan tetapi grammar tetaplah menjadi poin penting dan merupakan rumus dalam susunan berbicara. 

Demikian adalah kemungkinan-kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab rendahnya kemampuan speaking siswa. Namun semua itu bisa jadi berbeda beda karena latar belakang dan juga kondisi sekolah yang juga berbeda beda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun