Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer & Script Writer

Jangan Pernah Protes pada Proses

Selanjutnya

Tutup

Bola

Dikritik Pemuja Local Pride Soal Naturalisasi, Begini Respons Shin Tae-yong

11 November 2023   12:04 Diperbarui: 11 November 2023   12:22 376
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shin Tae-yong vs Bung Towel (tvonenews.com) 

PSSI saat ini diketahui memang sangat aktif dalam menaturalisasi para pemain yang memiliki darah Indonesia. Hal ini bertujuan untuk semakin memperkuat skuad garuda, demi bisa bersaing dengan negara lainnya baik di tingkat Asia maupun dunia.

PSSI baru baru ini diketahui akan kembali menaturalisasi beberapa pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain yang masuk dalam target naturalisasi PSSI antara lain adalah Justin Hubner, Nathan Joe A-on, Delano Ladan, Kevin Diks, Thom Haye, dan Dean Zanberdgen. Menariknya lagi Semua pemain tersebut diketahui bermain bersama klub Eropa.

Hal itu pun menimbulkan komentar negatif dari para pemuja local pride. Bung Towel menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh PSSI justru membunuh talenta dari para pemain lokal.

Jika seandainya tidak banyak pemain yang dinaturalisasi, maka talenta para pemain lokal bisa benar benar berkembang.

Namun dalam hal ini, PSSI menjelaskan dengan tegas bahwa semua pemain yang akan dinaturalisasi adalah pemain keturunan. Jadi mereka itu bisa dikatakan sama saja dengan pemain lokal.

"Saya hanya ingin memperjelas bahwa para pemain yang masuk dalam radar naturalisasi PSSI hanyalah para pemain yang masih memiliki darah Indonesia saja. Jadi dalam hal ini, seharusnya membedakan antara pemain lokal dan pemain naturalisasi, karena keduanya itu sama" ujar Erick Thohir.

Selain itu, Shin Tae-yong ternyata juga mengomentari terkait masalah pemain naturalisasi. Ia menyebutkan bahwa dirinya memiliki alasan  kuat kenapa sampai memilih untuk menaturalisasi beberapa pemain. 

Dalam hal ini mental dari para pemain lokal masih sangat kalah jauh bila dibandingkan dengan pemain naturalisasi.

"Saya melihat masih banyak sekali pihak yang tidak setuju dengan program naturalisasi.  Maka saya pun akan menjelaskan apa maksud dan tujuan kami. Saya kira secara umum kualitas dari para pemain naturalisasi masih auh lebih baik dari pemain lokal. Maka daripada itu kehadiran para pemain naturalisasi akan ikut meningkatkan semangat pemain lokal. Serta Para pemain lokal pun akan akan berusaha untuk menampilkan peforma terbaiknya" ujar Shin Tae-yong panjang lebar.

Apa yang diungkapkan oleh Shin Tae-yong memang sesuai dengan fakta di lapangan. Bahkan banyak dari pemain lokal yang mentalnya langsung kalah sebelum laga dimulai. Dan Shin Tae-yong pun ingin benar benar memperbaikinya.

Lalu bagaimana tanggapanmu mengenai hal ini, apakah kamu setuju dengan apa naturalisasi pemain di skuad garuda?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun