Mohon tunggu...
Zainal Khairul
Zainal Khairul Mohon Tunggu... Penjelajah

Dosen STIPAR TAMALATEA Sekertaris bidang sastra budaya ICMI Orda Morotai Ketua Umum PD PII Metro Makassar 2009-2010, 2010-2011 PRIMA DMI Kota Makassar 2019-2022 enalok37@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Jadi Sales Sukses? Why Not...

19 Juli 2017   10:08 Diperbarui: 19 Juli 2017   10:19 391 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jadi Sales Sukses? Why Not...
Dian Pelangi salah satu pengusaha muda sukses lewat sales penjualan Hijab | sumber: tabloid xpresi

Majunya suatu zaman merupakan tantangan manusia untuk segera menangkap peluang atau tergilas oleh zaman. Berita di tanah air di kemukakan salah satu pusat grosir elektronik terbesar Indonesia terancam tutup disebabkan oleh sepinya pembeli. Hampir pasti dunia kini telah menjadi jauh lebih rumit dibandingkan sepuluh sampai lima belas tahun lalu. 

Kita hidup di dunia persaingan. Banyak dari kita yang menemukan bahwa produk barang dan jasa yang kita jual sama persis dengan bisnis orang lain sehingga yang seringkali terjadi kita " saling merebutkan uang dari lahan bisnis yang sama. " Persaingan akan semakin meningkat. Jadi konsekuensinya , kita harus jeli untuk membuat sebuah perbedaan .Konsumen masa kini jauh lebih terpelajar dan memiliki lebih banyak tuntutan saya yakin kemampuan menjual yang efektif adalah akan menjadi perbedaan fantastis bagi segala jenis bisnis.

Sebagai konsumen , informasi yang kita miliki lebih banyak dari sebelumnya. Dengan lahirnya internet , Informasi tentang apapun yang tepikirkan dapat disajikan di ujung jari kita.  Akibatnya, kita tahu bahwa saat ini kita lebih memiliki banyak pilihan. Kita meminta nasihat teman teman saat ingin membeli sesuatu dan mencari jalan aman dengan orang yang pernah membeli barang serupa karena kita sepenuhya tidak percaya pada apa yang kita baca. Sebagai konsumen, kita telah menjadi semakin menuntut dalam segala hal . Kita memiliki kebutuhan yang lebih rumit dan hal yang dingiinkan pun semakin beragam.

Lantas bagaimanakah cara promosi efektif dan efisien dalam menjual berbagai macam produk ? Satu hal yang anda harus lakukan ketika menjual produk adalah " Jika anda tidak yakin dengan apa yang anda jual jangan menjualnya" Jika anda menjual sesuatu yang anda yakin tidak sebagus semestinya, terlalu mahal, produk gagal ,atau cacat anda akan merasa resah dan gelisah serta merasa bersalah. Pilihlah apa yang hendak anda ingin jual dan pastikan anda meyakininya.

Kita semua tahu alasan klise tentang seorang penjual adalah seorang yang licin, pandai bicara, cerdik, dan pada dasarnya tidak jujur. Syukurlah setidaknya hari hari dengan tipu ini sudah berlalu dan semakin ditinggalkan oleh konsumen, dan siapa juga yang ingin menjadi penjual preman yang suka memaksa?

Dulu ada konsesus diantara para penjual bahwa seseorang penjual harus melakukan apapun untuk bisa menjual, Menurut hemat penulis tidak setuju dengan hal ini dan saya rasa membuat penjualan yang baik daripada hanya sekedar menjual . Bagi penulis sendiri penjualan yang baik adalah penjualan yang semua pihak diuntungkan.

Kebutuhan dan harapan konsumen terpenuhi idealnya terlampaui. Mereka merasa uang yang mereka keluarkan sudah pantas, produk yang mereka beli akan memenuhi kebutuhan mereka  dan interaksi ramah dan menyenangkan. Bisnis itu berhasil menjual produk , mendapatkan profit dan menciptakan satu lagi konsumen bahagia, yang akan memberitahukan teman dan rekan mereka tentang bisnis itu . 

Si penjual mencatat satu lagi penjualan , mendapatkan uang dan mungkin dan mungkin komisi, mempelajari lebih banyak tentang menjual dan bertindak jujur serta penuh integritas. Sayangnya terkadang bisnis dengan pengusaha yang kita hadapi adalah terkadang para penjual merasa luar biasa dan kasar, atau tidak mengerti tentang realitas komersial sehingga mengerjai anda sampai tidak dapat memperoleh keuntungan.  Saya sarankang  anda melakukan skema penjualan yang baik daripada hanya sekedar menjual.

VIDEO PILIHAN