Media

Pelatihan Menulis, MGMP B. Indonesia Kota Bekasi

13 November 2017   19:35 Diperbarui: 13 November 2017   21:29 143 1 0
Pelatihan Menulis, MGMP B. Indonesia Kota Bekasi
dokumentasi pribadi

Guru adalah tumpuan kemajuan di bidang pendidikan. Dan untuk meningkatkan berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru maka diadakan kegiatan pelatihan oleh MGMP. MGMP adalah singkatan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Hari Sabtu, 11 November 2017, MGMP B. Indonesia se - Kota Bekasi yang diketuai oleh Ibu Esih Sukaesih mengadakan kegiatan pelatihan menulis cerpen dan artikel. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta guru B. Indonesia. Pemateri pada kegiatan ini adalah "Ceu Entin", bu Erni Wardhani dari Cianjur. Beliau dikenal dengan "Ceu Entin" karena tulisan cerpen beliau yang berjudul "Ceu Entin".

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB. Materi yang diberikan adalah tentang bagaimana trik - trik menulis cerpen dan artikel. Diantaranya:

1. Niat

2. Komitmen terhadap diri sendiri

3. Mulai menulis

"Pada intinya 3 trik itu saja yang utama, supaya kita percaya diri" ujar Erni Wardhani juara OGN tahun 2017.

Semua peserta diminta membuat sebuah artikel dan dibacakan di depan peserta lainnya. Dan ternyata peserta dapat membuat artikel atau cerpen dengan bagus. Hal itu diketahui saat mereka membacakannya di depan peserta lainnya. Tidak hanya peserta yang terpukau pembicara pun terpukau dengan hasil karya peserta yang ternyata pandai bercerita... sungguh luar biasa... hanya saja rasa tidak percaya dirinya yang lebih mendominasi sehingga peserta belum mau menulis. Semoga dengan adanya pelatihan ini semua peserta dapat segera menulis atau bahkan membuat buku solo. Selamat berkarya ya bapak ibu anggota MGMP B. Indonesia se - Kota Bekasi.

Kini tibalah saatnya penutupan kegiatan. Tepat pukul 15.10 kegiatan Pelatihan Menulis ini ditutup secara resmi oleh Kepala SMPIT Al- Azhar 31 Sumarecon, Bpk. Sophan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan syukur kepada Alloh SWT atas segala karuniaNya sehingga bisa mengikuti kegiatan yang sangat berharga ini. Beliau juga mengungkapkan bahwa perubahan harus dimiliki oleh seluruh guru agar pendidikan dapat berhasil dengan baik. Terima kasih atas kerjasama dan antusias dari peserta. Mudah - mudahan berkumpulnya kegiatan ini akan menambah wacana dan menginspirasi yang lainnya. Kita semua sebagai guru terutama guru mata pelajaran B. Indonesia, harus dapat memberikan kontribusi yang kuat agar anak didik juga mampu memiliki keahlian menulis. Demikian paparan kepala SMPIT Al - Azhar Sumarecon.

Selamat berkarya teman - teman guru B. Indonesia se - Kota Bekasi...