Mohon tunggu...
Ratri Weningsih
Ratri Weningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Psikologi Undip

Don't easy to give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wow! Mahasiswa KKN Undip Sadarkan Masyarakat Pentingnya Kenal Emosi dan Kelola Stres di Tengah Pandemi

4 Agustus 2021   07:30 Diperbarui: 4 Agustus 2021   07:44 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wow! Mahasiswa KKN Undip Sadarkan Masyarakat Pentingnya Kenal Emosi dan Kelola Stres di Tengah Pandemi
Psikoedukasi kepada warga Dusun Ngaran, Desa Ngasinan, Kab. Magelang (20/07)- Dokumentasi pribadi

Grabag, Kab. Magelang (20/07/2021) --- Universitas Diponegoro saat ini menyelenggarakan KKN Reguler Pulang Kampung untuk ketiga kalinya. 

Hal ini dilakukan sebagai adaptasi dari situasi tren kenaikan kasus Covid-19 yang masih belum memungkinkan untuk mengumpulkan banyak mahasiswa sekaligus dan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Tahun ini, KKN Undip Tim 1 ini dilaksanakan Juli--Agustus 2021 di daerah masing-masing mahasiswa. 

Tema yang diangkat yaitu "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".

Saat ini, masyarakat secara umum sedang menghadapi kondisi yang tidak pasti. Pandemi Covid-19, momok sekaligus pekerjaan rumah yang perlu dihadapi dan dituntaskan bersama-sama. Berbagai sektor kehidupan telah terdampak seperti perekonomian, kesehatan, dan pendidikan. 

Hal ini membuat masyarakat menjadi khawatir, cemas, bahkan depresi. Oleh karenanya, penting untuk sadar akan emosi yang sedang dirasakan untuk dapat meregulasinya dengan baik dan tepat. Selain itu, stres yang dihadapi juga perlu dikelola dengan baik. 

Ratri Weningsih, mahasiswa Psikologi Undip sebagai peserta KKN di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang juga turut terjun ke masyarakat dengan memberikan program sesuai kondisi aktual setempat. 

Setelah melalui observasi dan berbincang dengan masyarakat, Ratri memilih untuk memberikan psikoedukasi mengenai pentingnya mengenal emosi dasar manusia dan strategi coping stres yang baik agar tetap sehat mental di kala pandemi. 

Program tersebut bertajuk "Apa Kabar Hari Ini? Kenali Emosi Dasar Manusia & Strategi Coping Stress: Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19". 

Psikoedukasi diberikan kepada warga Dusun Ngaran, Desa Ngasinan pada minggu ketiga KKN. Program dilakukan secara door to door dan beberapa secara insidental dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Penyampaian psikoedukasi dengan cara ngobrol satu sama lain dengan dijelaskan mengenai materi yang dibawa dan sekaligus diberi booklet untuk pegangan warga dan agar dapat dibaca-baca kembali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x