Mohon tunggu...
Ratna Maulida
Ratna Maulida Mohon Tunggu... Dunia dan akhirat harus seimbang

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Zakat Mampu Bersihkan Harta dan Jiwa

2 Juni 2020   12:55 Diperbarui: 2 Juni 2020   12:56 29 3 0 Mohon Tunggu...

sebagaimana yang telah kita ketahui dan yakini bahwasannya kita hidup didunia ini hanya sementara sebentar lagi kita akan pindah ke akhirat dan di akhirat hanya ada  dua tempat saja yaitu surga dan neraka.

Lantas bagaimana caranya agar kita bias masuk ke dalam surga? seorang alim mengatakan jika kita menginginkan masuk ke dalam surge maka kita harus memiliki kunci, dan kunci syurga adalah kalimat laailaahaillallah, dan disetiap kunci ada gigi yaitu rukun islam, ketika giginya bagus dan baik maka giginya bias di buka dan kemudian sebaliknya. begitulah membuktikan kalimat lailaahaillah adalah mengamalkan dan menjalankan rukun islam. salah satu rukun islam terutama dan yang paling utama adalah adalah sholat. 

Syiar umat islam yang membedakan antara mu'min dan kafir. dalam alquran ketika allah memerintahkan untuk menunaikan sholat selalu di sandingkan dengan perintah menunaikan zakat, di kutip dari ceramah sykh. Muhammmad jabber 15/05/2020 mengatakan  "ketika kalian mendengar perinah allah swt yang berulang-ulang di alquran maka ini penting dan perlu di perhatikan. Allah berfirman dalam surat at taubah ayat 34-35 yang artinya "hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebagian besar dari orang-orang alim yahudi dan rahib-rahib nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang bathil, dan mereka mnghalang-halangi manusia dari jalan allaj. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya di jalan allah, maka beritahukanlah pada mereka bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih; menunaikan zakat adalah ibadah yang luar biasa karena bukan hanya beribadah kepada allah swt tapi juga menyangkut urusan manusia (hablu minallah dan habluminannas) dabn menjadi kewajiban bagi setiap muslim.

adapun manfaat dari zakat adalah harta kita menjadi bersih, sekalipun harta yang kita miiki itu halal dan didapat dari jalan yang benar dan baik namun di dalamnya ada pembersih untuk mensucikan jiwa dan membersihkan harta lewat zakat agar berkah dan selamat harta yang kita miliki, dan allah swt. Akan menjaga harta kita sebaik-baiknya. dan dalam rangka mensyukuri nikmat yang telah allah berikan.

VIDEO PILIHAN