Mohon tunggu...
Ratna Siregar
Ratna Siregar Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Swasta

Suka dengan keindahan alam, menyukai buku-buku klasik yang berfokus pada sastra fiksi. Mengulik fakta-fakta dunia yang jarang diketahui. Mencintai untaian kata pada puisi-puisi klasik hingga kontemporer.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Tips Menghilangkan Milia dengan Cepat dan Aman

12 Oktober 2022   23:40 Diperbarui: 12 Oktober 2022   23:44 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Milia merupakan salah satu masalah kulit yang dialami sebagian orang. Milia berbentuk titik kecil atau bercak berwarna putih yang biasa timbul di area sekitar bawah mata, hidung, pipi, dan area wajah lainnya. Milia juga sering terjadi pada bayi yang baru lahir.

Pada dasarnya milia tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi ada beberapa kasus parah yang membutuhkan penanganan secara khusus. Meski tidak berbahaya, tentu saja masalah ini dapat mengganggu penampilan karena warnanya yang kontras dengan kulit wajah. Ketika kamu memiliki masalah dengan kulit wajah, ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan masalah tersebut seperti makanan. 

Oleh karena itu kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang sehat untuk kulit wajah. Namun selain itu kamu juga bisa mencegah masalah kulit wajah dengan cara lain. Contohnya kamu bisa menghilangkan masalah kulit wajah milia dengan beberapa tips berikut.

Berikut tips menghilangkan milia dengan cepat dan aman :

1. hindari memencet, memegang ataupun mengikis milia

Seperti layaknya jerawat dan komedo, sebaiknya kamu menghindari untuk memencet, memegang ataupun mengikis milia. Ketika kamu memencet, memegang ataupun mengikis milia dapat menyebabkan berdarah, muncul bopeng, ataupun bekas luka. Selain itu juga bisa infeksi karena milia rentan terhadap kuman yang mungkin saja kuman tersebut berasal dari tangan.

2. gunakan sabun yang lembut untuk membersihkan wajah

Ketika kamu membersihkan wajah gunakan sabun yang lembut. Hindari menggunakan sabun pencuci wajah dengan formula yang keras. Karena bahan tersebut dapat menghilangkan kelembaban alami kulit wajah dan juga merusak skin barier kulit wajah kamu.

3. gunakan uap hangat untuk membuka pori-pori

Setelah kamu membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan uap hangat untuk membuka pori-pori. Hal ini bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan iritasi penyumbat kulit. Kamu bisa melakukannya dengan cara memasukkan air hangat ke dalam wadah yang luas sesuai ukuran wajah, lalu menguapkan air hangat ke wajah. Tunggu sekitar 5-8 menit, lalu angkat wajah kamu dan kemudian lap wajah kamu dengan cara menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk khusus wajah. 

4. gunakan produk eksfoliasi yang aman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun