Mohon tunggu...
Ratnasari Alhamim318
Ratnasari Alhamim318 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah

Hobi jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Keistimewaan dalam Mengikuti Jenjang Sekolah Dasar atau Sekolah Rendah

14 November 2023   15:13 Diperbarui: 14 November 2023   16:35 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekolah dasar merupakan pendidikan dasar atau sekolah rendah untuk anak-anak berusia 7 sampai 11 tahun, sekolah dasar atau sekolah rendah sebagai kelanjutan dari pra-sekolah dan dilanjutkan oleh sekolah menengah. 

Sebagai seorang anak masuk ke jenjang sekolah dasar atau sekolah rendah itu merupakan pertama kali baginya memasuki awal pendidikan dan menjadi awal mengenal selama 6 tahun tentang Keilmuan dasar.

Serta meletakkan moral, akhlak mulia, kecerdasan dasar pengetahuan dan keterampilan untuk hidup secara mandiri sehingga akan mengikuti pendidikan secara lanjut.

Pemerintah telah menetapkan pada UUD No.20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar serta terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran sehingga proses belajar menjadikan peserta didik agar aktif mengembangkan.

Potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, ketakwaan, pengendalian diri sendiri, dapat mengetahui kesosialan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat,bangsa, dan negara.

Disekolah dasarlah bagi siswa selalu dituntut untuk menguasai kesemua bidang pelajaran, bagaimana cara menyelesaikan masalah yang telah di hadapinya. 

Akan tetapi, proses pembelajaran itu tidak hanya dilakukan di sekolah saja, namun bisa di lakukan diluar sekolah mana saja itu merupakan suatu didikan pembelajaran bagi peserta didik.

Lembaga sekolah dasar ataupun sekolah rendah pada dasarnya pasti memiliki konsep atau prinsip untuk peserta didik sebelum melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya, sebab kalau peserta didik di tingkat sekolah dasarnya saja kurang diperhatikan, apalagi untuk ke tingkat selanjutnya pasti peserta didik akan merasakan kesulitan dan menjadi kurang bagus.

Di dalam sekolah dasar untuk peserta didik akan dibekali oleh gurunya sebuah kemampuan dasar yang terkait dengan kemampuan berpikir secara kritis, menulis, menggambar, membaca, berhitung serta penguasaan-penguasaan dasar.

Untuk mempelajari pengetahuan serta kemampuan dalam berkomunikasi dengan temannya itu ialah merupakan suatu tuntutan bagi kemampuan anak dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. 

Sehingga dengan adanya sekolah dasar dapat memberikan peserta didik sebuah konsep dasar agar dapat di bekali oleh peserta didik pada tingkat selanjutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun