Agifa
Agifa Ngeblog

Seorang blogger yang suka mencoba hal baru. Jika ingin belajar tentang ngeblog kunjungi PanduanBLOG.co

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

29 Agustus 2015   20:44 Diperbarui: 29 Agustus 2015   20:44 171 3 3

Halo sobat kompasianers, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog.

Sebagian orang mungkin masih tidak percaya bahwa ngeblog bisa dapet duit. Menghasilkan uang dari blog memang benar-benar bisa, bukan mitos atau omongan belaka. Karena sekarang sudah banyak bukti, blogger-blogger yang sudah meraup jutaan hingga puluhan juta dari blog. tidak percaya? coba googling. Namun, semuanya itu tidak semudah yang kita bayangkan. Butuh waktu, proses dan kerja keras. Oleh karena ngeblog bukanlah cara untuk dapet duit secara instan dan mudah.

Ada beberapa metode yang banyak digunakan blogger-blogger atau internet marketer yang sukses untuk menghasilkan uang dari blognya. Namun, sebelum itu ada hal yang harus diperhatikan yakni apa saja yang harus dipersiapkan.

yang harus dipersiapkan:

  1. Niat
  2. waktu
  3. Uang, untuk beli domain dan cemilan atau kopi buat nemenin ngeblog
  4. Keahlian Ngeblog, seperti SEO, menulis dan lain sebagainya

saya memiliki 6 metode  cara menghasilkan uang dari blog, berikut penjelasanya:

1. Bergabung dengan PPC (Pay per Click)

PPC (Pay per click) adalah Program periklanan dimana banyaknya penghasilan di hitung dari jumlah klik yang di dapat setiap publisher, metode ini merupakan salah satu solusi ampuh dan banyak digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blog. Ada banyak Pay per click yang sangat terpercaya di antaranya :

  • Google AdSense, Program periklanan dari google ini cukup populer di kalangan blogger, jika anda ingin bergabung dengan AdSense maka di khusukan untuk anda yang mempunyai jenis blog seperti Niche, General, Authority dan blog yang legal dengan konten orisinil.
  • Chitika, Program periklanan yang cukup populer juga di kalangan blogger, anda bisa mendaftarkan blog anda dengan Program periklanan ini.
  • Media.net, Program periklanan kerjsama Yahoo Network dan Bing memiliki hasil yang memuaskan, namun untuk mendaftarnya sangat sulit dan program periklanan ini juga memiliki Kriteria yang hampir sama dengan Adsense.
  • Infolinks, Sama seperti Chitika, Program periklanan ini juga cukup populer dan anda juga bisa dengan mudah untuk mendaftarkan blog anda.
  • Dan Program Periklanan Lainya

Untuk bergabung dengan Pay Per Click, pastikan sobat sudah membaca kebijakan dan peraturan dari PPC Tersebut. Jika dirasa sudah terpenuhi, maka silahkan langsung daftarkan blognya.

2. Bergabung Program Afiliasi

Affiliasi adalah program yang sering di adakan oleh perusahaan atau perorangan yang menjual produk ataupun jasa. Ini hampir sama seperti PPC, tapi bedanya ini memiliki sistem Buy Per Click (Istilah bikinan sendiri gan) yang maksudnya pengunjung harus beli melalui link afiliasi/referal sobat, lalu dia membeli produknya.

Jika sobat berniat untuk memilih metode ini. Maka sobat harus menyiapkan beberapa strategi khusus. Sobat bisa mendapatkan strateginya dengan mencari-cari di google.

  • Lazada Affiliasi, Program affiliasi yang diadakan oleh Lazada sebuah toko online yang besar di indonesia. Komisi yang di tawarkan cukup lumayan, berapa? anda lihat saja sendiri di halaman Affiliasi Lazada.
  • Amazon Affiliasi, Program affiliasi yang diadakan oleh Amazon, sebuah toko online terbesar di dunia yang menjual beragam produk, Komisi nya cukup lumayan juga.
  • Dan Program Affiliasi Lainya.

Sama seperti dengan PPC. Pada Program Afiliasi juga sobat harus perhatikan terlebih dahulu kebijakan dan peraturanya.

3. Menjual Jasa atau Produk Sendiri

Bisnis ini ditawarkan kepada audiens atau pembaca blog. Blog bukan hanya tempat untuk berbagi pengalaman, hobi dan keahlian si penulis yang dibaca oleh pembaca, namun bisa juga untuk menjajahkan jasa dan produk sendiri.

Jika anda mempunyai Jasa atau Produk sendiri, maka cara efektif untuk menawarkan Jasa atau produk anda itu melalui blog/website sendiri.

4. Iklan Mandiri

Maksud dari iklan mandari adalah kita menawarkan ruang iklan kepada orang lain. Biasanya yang berminat adalah pembisnis, blogger dan lain-lain. Coba tawarkan kepada mereka.

Tapi ada hal yang harus di perhatikan agar ada orang yang mau memasang iklan di blognya kita, yaitu pengunjung blog sudah banyak (minimal 1000/hari) dan blog kalo bisa Ber-PageRank (gak terlalu wajib) agar backlink yang dihasilkan lebih berkualitas.

Penghasilan/tarif iklan ditentukan dengan banyaknya pengunjung blog serta kualitas blognya.

5. Menulis Artikel Review di Blog Sendiri

Artikel Review adalah artikel yang isinya menceritakan tentang produk atau sesuatu yang direview. Biasanya ada sebuah perusahaan atau perorangan yang membutuhkan Jasa menulis artikel review dengan tujuan memasarkan produk atau sesuatu yang di review tersebut.

Tarif untuk satu artikel cukup lumayan yaitu sekitar 100rb-300rb tergantung negosiasi dan kualitas artikel review dari sobat sendiri.

6. Mengikuti Kontes Blog

Jika anda jago ngeblog atau memiliki skill. Maka bisa anda coba dengan mengikuti kontes-kontes blog terbaru yang biasanya di selenggarakan oleh perusahaan ataupun perorangan. Contoh kontes blog paling populer adalah kontes menulis dan konten SEO, dimana sobat akan bersaing, untuk memperebutkan halaman pertama di google dengan keyword yang sudah ditentukan.

Mungkin itu saja, semoga artikelnya bisa bermanfaat terutama untuk sobat kompasianers. Sekian terima kasih...