Mohon tunggu...
Refonda RiasAnggiri
Refonda RiasAnggiri Mohon Tunggu... Mahasiswa

KKN UNDIP TIM II 2020 Kab. Sukoharjo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UNDIP Integrasikan Kampung Siaga Covid-19 berbasis Edukasi Keluarga

2 Agustus 2020   21:32 Diperbarui: 3 Agustus 2020   15:41 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP Integrasikan Kampung Siaga Covid-19 berbasis Edukasi Keluarga
Edukasi Keluarga Secara Door to Door

Oleh: Refonda Rias Anggiri KKN TIM II Kabupaten Sukoharjo 

DPL: Ibu Dra. Puji Astuti, M.Si

Keluarga Siaga Hempas Corona!

Sonorejo, Sukoharjo (7/20) Mahasiswa KKN TIM II 2020 UNDIP  membuat program Gerakan Masyarakat sebagai Kampung Siaga Covid-19 berbasis Edukasi Keluarga secara door to door. Program ini berjalan berangkaian dari mulai pembuatan media edukasi seperti poster kebiasaan baru di Masjid, Warung, dan Pos Ronda berkolaborasi dengan Karang Taruna RT 01/ RW 08 Sonorejo, Sukoharjo, dan pembuatan media edukasi berupa leaflet untuk media edukasi keluarga, serta memberikan penyuluhan secara door to door capaian 39/42 keluarga (KK) di lingkungan RT 01/ RW 08 Sonorejo, Sukoharjo.

Program ini dibuat dengan analisis beberapa masalah diantaranya adalah angka kasus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo tertanggal 13 Juli 2020 pukul 06.40 WIB adalah 108 kasus (data Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo), tidak ada poster pencerdasan terkait langkah cuci tangan, panduan protocol new normal di masjid, pos ronda, dan beberapa warung (survei lokasi RT 01/ RW 08 Sonorejo), dan rendahnya pengetahuan dan kepatuhan masyarakat terkait protocol kesehatan Covid-19 sebagai persiapan new normal (hasil wawancara ketua RT 01/ RW 08 Sonorejo, hasil observasi masyarakat RT 01/ RW 08 Sonorejo, dan survei pengamatan langsung masyarakat di RT 01/ RW 08 Sonorejo).

Penempelan Poster Kebiasaan Baru
Penempelan Poster Kebiasaan Baru
Output dari program ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait Covid-19 dan panduan kesehatan kebiasaan baru, meningkatnya kepatuhan masyarakat terkait panduan kesehatan Covid-19 dan kebiasaan baru. Serta secara khusus telah dibuat 3 poster tema panduan kebiasaan baru bersama Karang Taruna RT 01/ RW 08 Sonorejo, telah ditempelkan poster panduan kebiasaan baru di 2 masjid/mushola, 3 pos ronda, dan 12 warung, dan telah diberikan penyuluhan kepada 39 KK dengan edukasi keluarga terkait Covid-19 dan kebiasaan baru.

Masyarakat RT 01/RW 08 Sonorejo, Sukoharjo sangat terbantu atas edukasi dan informasi yang diberikan. Harapan dari Lurah Sonorejo Bp. Widie Harsono, SE.MM, nantinya program ini dapat dimasifkan dengan pengaktifan kembali satu rumah satu wastafel. Oleh karena itu, maka untuk menunjang pengaktifan kembali satu rumah satu wastafel, dalam program ini dibagikanlah satu sabun satu rumah.

Sebagai upaya berkelanjutan, media edukasi dari program ini akan diserahkan kepada tim gugus tugas Covid-19 Kelurahan Sonorejo sebagai media edukasi untuk seluruh masyarakat di Kelurahan Sonorejo.

#KKNtimIIundip2020

#lppmundip

#p2kkn

#undip

#KKNtimIIkabsukoharjo

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x