Mohon tunggu...
Rannes Shagar
Rannes Shagar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Cemangattt

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Cokelat Rasa Obat Pahit

9 Desember 2020   15:00 Diperbarui: 9 Desember 2020   15:03 103 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cokelat Rasa Obat Pahit
Hasil Olahan Praktikum (Gambar pribadi)

Berbicara tentang tanaman perkebunan, tentu tidak asing lagi buat teman-teman bukan!!!

Tentunya setiap daerah memiliki tanaman perkebunan unggulan seperti salah satu yaitu daerah Kepulauan Mentawai yang berada di Sumatera Barat ini memiliki unggulan tanaman perkebunan seperti Cengkeh, kelapa, Durian dan masih banyak lagi tanaman tahunan semusim khususnya buah. Indonesia sendiri merupakan negara sumber sebagian besar tanaman perkebunan.

erdapat 7 komoditas  unggulan Indonesia yang memiliki tingkat permintaan serta lahan aktif dan luas yaitu kelapa sawit, tembakau, karet, kopi, teh, panili dan tebu. Namun, apa artinya memiliki tanaman perkebunan unggulan jika tidak  dapat meningkatkan penghasilan terkait kualitas dan modifikasi rasa setiap olahan yang menggunakan bahan tanaman perkebunan pada tingkat pertanian menengah. Tanaman perkebunan unggulan tersebut dapat diolah menjadi berbagai jenis produk.

Pengolahan...... mendengar kata "olah atau mengolah" berarti bicara tentang proses yaitu proses membuat suatu produk dengan menggunakan bahan tanaman perkebunan. Untuk mengolah tanaman perkebunan menjadi suatu produk, terlebih dahulu kita harus tahu sifat dari fisik dan kimia dari bahan yang digunakan. Mengetahui sifat fisik dan kimia dari tanaman tersebut bertujuan untuk menentukan olahan yang akan cocok untuk tanaman tersebut.

Contoh produk olahan dari tanaman perkebunan antara lain kelapa diolah menjadi minyak kelapa (primer), umbi kayu diolah menjadi tepung mocaf, jahe diolah menjadi minuman serbuk instan, biji kakao basah diolah menjadi biji kakao kering melalui proses fermentasi, kopi sangrai menjadi kopi siap saji. Akan tetapi itu hanya sebagian kecil hasil olahan dari tanaman perkebunan. Pengolahan tidak melulu tentang biaya besar, namun biaya kecil dan peralatan sederhana pun bisa dilakukan.

Biji kakao kering (Dokumentasi pribadi)
Biji kakao kering (Dokumentasi pribadi)
Nah sekarang saya akan sedikit bercerita tentang pengolahan coklat batang. Untuk mendapatkan coklat batang, biji kakao kering akan diolah. Namun terlebih dahulu biji kakao basah akan melalui proses fermentasi baik menggunakan bakteri maupun memanfaatkan mikrob yang ada dialam. Mikrob yang ada dialam biasa disebut indigeonus.

Tujuan fermentasi yaitu untuk mendapatkan biji kakao kering yang memiliki mutu atau kualitas baik sehingga diharapkan setelah melakukan proses fermentasi nibs dalam biji kakao yang awalnya berwarna ungu berubah menjadi warna coklat kering dan berongga. Hasil fermentasi juga akan berpengaruh pada rasa, ya walaupun rasa juga bisa dimodifikasi dengan penambahan bahan pemanis lainnya. Namun, apakah pernah makan coklat batang rasanya seperti obat pahit?

Coklat batang tidak melulu memiliki rasa manis, namun rasa dari coklat asli memiliki rasa pahit seperti obat yang sangat pahit. Rasa coklat yang pahit didapatkan pada coklat batang dengan kandungan 100% coklat tanpa penambahan bahan pemanis. Walaupun memiliki rasa yang pahit, coklat batang memiliki manfaat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan menghambat penuaan.

Yuk, belajar pengolahan tanaman tahunan....

cokelat batang (Dokumentasi pribadi)
cokelat batang (Dokumentasi pribadi)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x