Mohon tunggu...
Rania Putri
Rania Putri Mohon Tunggu... raniaa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

22 Oktober 2019   11:25 Diperbarui: 22 Oktober 2019   11:56 0 0 0 Mohon Tunggu...

Nama         : Rania Putri Yuli S

NIM           :1903016051

Kelas          : PAI 1B

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pendahuluan 

Setiap manusia tentunya mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan, proses ini berkembang pesat ketika manusia berada pada fase kanak kanak. Menurut urutan waktu, masa kanak kanak merupakan masa dimana terjadi perkembangan biologis secara cepat, tetapi secara sosiologis ia masing sangat terikat dengan ligkungan dan keluarganya. Maka bisa dikatakan bahwa orang tua merupakan faktor terpenting bagi proses pertumbuhan da perkembangan seorang anak khususnya di usia tersebut..

Namun sering kita jumpai di era sekarang ini banyak orang tua yang kurang memperhatikan pertumbuh kembangan seorang anak. Terkadang mereka sering lalai akan hakikatnya dalam mengasuh dan membimbing anak. Tak jarang dari mereka yang lebih mementingkan untuk bekerja sebagai sarana penunjang dalam pemenuhan kebutuhan anak sehingga waktu dan perhatian untuk anak akan terkesampingkan . hal ini tentunya akan berakibat terhadap proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Seperti yang kita ketahui bawasannya pola asuh orang tua merupakan bagian hal yang penting dalam pertumbuhkembangan anak karena pada dasarnya seorang anak akan mengikuti apa saja yang telah diajarkan orang tua terhadap mereka. Apabila orang tua menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak maka proses pertumbuhan dan perkembangan anak akan berlangsung secara baik dan juga selaras, begitu juga sebaliknya. Pada esai kali ini akan menjabarkan mengeni faktor pertumbuhan dan perkembangan anak terutama pengaruh pola asuh orang tua terhadap anak Serta akibatnya.

Pembahasan 

Dalam mempelajari perkembangan manusia diperlukan adanya perhatian khusus salah satunya mengenai faktor yang memicu perkembangan anak. Adapun mengenai faktor perkembangan manusia, beberapa ahli memiliki perbedaan pendapat lantaran sudut pandang dan pendekatan mereka terhadap eksistensi siswa berbeda. Terdapat beberapa aliran yang berhubungan dengan perkembangan siswa, yaitu:

Aliran Nativisme

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4