Mohon tunggu...
Rania Hasna Sari
Rania Hasna Sari Mohon Tunggu... The journey in life may not be flat he twists you just need to be strong in life and face it

cncr.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Biaya Hidup di Kota Surabaya

16 Oktober 2020   07:22 Diperbarui: 16 Oktober 2020   07:36 17 2 0 Mohon Tunggu...

OLEH RANIA HASNA SARI

Memilih Kota Surabaya menjadi tempat melanjutkan pendidikan setelah SMA adalah pilihan yang tepat pasalnya kota Surabaya merupakan kota metropolitan yang didalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang sangat banyak dan terjangkau khususnya bagi para mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk dapat  menikmati fasilitas tersebut. 

Contoh fasilitas yang tersedia dikota Surabaya seperti taman bermain, tempat pembelajaran luar sekolah seperti taman pintar hal itu bertujuan agar anak-anak mendapatkan kegiatan positif saat diluar sekolah maupun rumah, tempat untuk nongkrong bagi para penikmat kopi, adapun jembatan penyebrangan untuk pejalan kaki, lalu fasilitas perpustakaan umum dibalai kota cocok sebagai tempat apabila ingin mengerjakan tugas, membaca buku-buku pengetahuan mungkin untuk mahasiswa akhir yang ingin mengerjakan skripsi biasanya butuh tempat yang hening, dan masih banyak fasilitas lain yang ada di kota Surabaya. 

Fasilitas diatas tadi adalah fasilitas umum untuk para pelajar untuk fasilitas transport di Kota Surabaya tersedia Bis merah Surabaya merupakan transportasi yang efisien untuk digunakan dikarenakan jika masyarakat ingin menikmati transportasi tersebut tidak perlu membayar dengan uang tetapi dengan menggunakan botol bekas pun sudah diperbolehkan. 

Caranya hanya dengan kita menggumpulkan botol tidak perlu banyak 2 sampai 3 botol cukup dan apabila kita ingin lebih gampang, tidak perlu membawa botol atau jika dalam keadaan mendesak tidak bisa pulang kerumah dan harus mencari botol dulu kita bisa dengan cara mengumpulkan botol sebanyak-banyaknya dan apabila sudah terkumpul banyak akan ditukarkan pada tempat Surabaya bus kemudian akan mendapatkan kartu bis yang dapat digunakan saat akan menggunakan transportasi tersebut, bis merah Surabaya mulai Beroprasi mulai pukul 6 pagi sampai dengan 10 malam dengan rute yang sudah disediakan. 

Fasiitas ini dapat memudahkan jika tidak adanya transportasi pribadi semisal ada urusan mendesak diluar. Selain fasilitas yang ada disurabaya biaya hidup dikota tersebut terjangkau tidak mahal juga tidak murah tergantung dari buject  yang dipunya jika ingin makan cepat saji sudah tersedia kita bisa memesan lewat gojek ataupun datang langsung ketempat sedangkan jika ingin makan dipedagang kaki lima juga teserdia mulai dari Rp.10.000-Rp.15.000 ribu sudah termasuk minumannya untuk sekali makan dan apabila bukan warga asli disurabaya seperti perantauan contohnya mahasiswa yang menempuh pendidikan perguruan tinggi yang biasanya tinggal dikost dalam sebulan bisa ditotal Rp.1.350.000 untuk makan dalam waktu tiga kali.

Berikut ini adalah gambaran rinci biaya hidup dikota Surabaya

1. Biaya makan
Untuk biaya makan dikota Surabaya tergantung buject yang dimiliki artinya biaya yang dikeluarkan nantinya menurut kebutuhan yang digunakan. Biaya berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000 saja apabila makan di pedagang kaki lima lain lagi jika makan dimakanan cepat saji harganya sekitar Rp.35.000 apabila dalam sehari makan 3 kali jadi untuk biaya makan ditotal menjadi Rp.1.350.000 dan untuk makanan cepat saji adalah Rp.3.150.000 apabila membeli makanan cepat saji.

2. Biaya kost
Untuk biaya penginapan di kota Surabaya tergantung ada bermacam-macam tempat, dan bisa dipastikan harga tergantung fasilitas yang didapatkan untuk meminimalisir keterlambatan apabila ada yang tempat kerjanya disurabaya tetapi bertempat tinggal dilamongan dan untuk mahasiswa yang kampus dengan tempat tinggal jaraknya lumayan jauh untuk menghemat waktu, karena biasanya ada urusan mendadak dikampus yang tidak dapat diatur ulang jadwalnya. Rata-rata minimal Rp.800.000 -- Rp.1.500.000 dalam hitungan sebulan atau dengan biaya Rp.4.0000 untuk satu tahun

3. Transportasi
Jika memerlukan transportasi tidak perlu susah di kota Surabaya apapun ada dan mudah jika akan menggunakan transportasi tersebut mulai dari gojek, gocar, taxi,bemo dan bis merah Surabaya itu untuk transportasi umum. 

Jika anda memiliki transportasi pribadi akan lebih bagus. Untuk biaya transportasi berkisar Rp.20.0000-Rp.50.000 lain halnya ketika menempuh perjalanan jarak jauh biaya yang dibutuhkan pastinya lebih dari kisaran harga yang disebutkan

4. Keperluan pribadi  
Untuk keperluan pribadi biasa ada yang menghitungnya dalam hitungan satu bulan atau bisa mingguan tergantung orangnya sendiri. contoh kebutuhan pribadi seperti: belanja bulanan, pasta gigi, sabun mandi, shampoo, kemudian untuk didapur minyak goreng, kecap, saos, dan masih banyak lagi kebutuhan tersebut untuk kebutuhan dalam rumah tangga sedangkan kebutuhan untuk perantau mahasiswa biasa dalam hitungan bulanan, kebutuhannya tidak jauh beda dari kebutuhan rumah tangga dan untuk biaya total tidak bisa dipastikan dikarenakan kadang biaya yang sudah dirancang bisa saja lebih dari yang dibutuhkan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x