Mohon tunggu...
Rania Cundamanik Wisand
Rania Cundamanik Wisand Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ Memperkenalkan Peluang Usaha di Era Digital

8 September 2021   23:57 Diperbarui: 9 September 2021   00:00 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah program intrakurikuler dengan memiliki tujuan utama untuk memberikan suatu pengalaman pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Kegiatan ini dilakukan pada lokasi masing-masing dengan memiliki tujuan agar dapat memberikan suatu nilai baik bagi masyarakat yang terkait maupun mahasiswa. 

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini menawarkan salah satu tematik yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19. 

Tematik ini berhubungan dengan UMKM yang berada di masing-masing lokasi domisili mahasiswa terutama yang juga terkena dampak dalam keadaan yang sedang berlangsung sekarang yaitu Pandemi COVID-19. UMKM lain yang memasuki kriteria juga yang berhubungan dengan masa pandemi seperti sekarang ini.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang saya lakukan termasuk ke dalam tematik "Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19". Penyebab saya memilih tematik ini ialah karena terdapat beberapa UMKM yang terkena dampak pandemi ini yang menyebabkan terjadinya pengurangan pendapatan dan hal-hal lainnya. UMKM yang menarik perhatian saya yaitu UMKM Masker Kain.

Seperti yang kita ketahui bahwa angka positif COVID-19 sempat mengalami kenaikan yang membuat adanya anjuran dari Kementerian Kesehatan untuk menggunakan masker ganda yaitu masker medis dan juga masker kain.

Masker ini dianggap lebih efektif jika digunakan dalam masa seperti ini. Hal inilah yang membuat mitra UMKM tersebut memilih untuk membuat usaha masker kain. 

Namun, usaha yang sedang dijalani tersebut sangat terbatas dalam hal promosi. Mitra UMKM menggunakan media sosial Facebook dan hanya sekadar mempromosikan kepada keluarga, teman atau tetangga saja. 

Hal tersebut yang membuat mitra UMKM merasa kesulitan untuk menjual produknya untuk jangkauan yang lebih luas lagi dan juga kondisi seperti ini banyak konsumen yang memanfaatkan media sosial ataupun e-commerce untuk membeli kebutuhan termasuk kebutuhan yang dibutuhkan selama pandemi ini.

Program yang terdapat pada program kerja dalam KKN Back To Vilage III ini memiliki misi dan visi yaitu meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dari umkm yang bersangkutan sesuai dengan anjuran kementerian kesehatan mengenai pemakaian masker ganda yaitu masker medis dan juga masker kain serta visi pada program saya yaitu memperkenalkan mengenai peluang usaha di era digital. 

Tujuan dari program yang saya jalani yakni kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan umkm masker kain agar dapat lebih berkembang dalam hal keuangan, produk dan pemasaran meskipun dalam masa pandemi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun