Mohon tunggu...
Rani Nurlinda
Rani Nurlinda Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu muda

seorang perempuan yang sedang berjuang meraih ridho suami dan surganya Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Ingin Masuk BUMN, Ini Bocorannya

4 Desember 2020   14:17 Diperbarui: 4 Desember 2020   14:21 52 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ingin Masuk BUMN, Ini Bocorannya
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Anak milenial yang baru lulus dari perguruan tinggi, sebagian besar dari mereka ingin segera bekerja dan masuk ke perusahaan negara/BUMN atau ingin jadi Aparatur Sipil Negara/ASN/PNS. 

Bayangan kebanyakan orang, menjadi PNS atau pagawai BUMN nantinya akan mapan dan kecukupan hidupnya, setelah pensiunpun mereka tetap bisa berpenghasilan karena adanya uang pensiun. Selain itu menjadi pegawai BUMN juga memiliki sebuah kebanggaan tersendiri. 

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai proses masuk menjadi salah satu karyawan di sebuah perusahaan negara yang tidak memiliki rival di Indonesia. Proses seleksi yang cukup ketat diawali dengan seleksi dokumen. Minimal ipk 2,75 namun tidak mesti dari perguruan tinggi ternama, yang penting bagus akreditasinya.

Selanjutnya kalian harus menyiapkan diri untuk ujian tertulis yang akan ditentukan jadwalnya oleh panitia perusahaan itu. Jika kalian lolos pada tahap ini, maka tahap berikutnya yaitu psikotest dan diskusi kelompok. Buat yang belum tau seperti apa psikotest itu, saya sarankan kalian beli buku-buku latihan psikotest terlebih dahulu  di toko buku, karena sangat berpengaruh dan membantu sekali jika kalian sudah belajar, kurang lebih soal yang diujikan hampir sama, paling hanya ada sedikit variasi. 

Pada test psikotes ini biasanya diujikan pula untuk menggambar pohon dan orang/manusia, untuk tips menggambar orang yaitu gambarlah orang secara lengkap fisiknya, dari kepala sampai kaki, usahakan komposisinya pas ya. Jika diberi selembar kertas  setidaknya gambar 60-70% kertas, jangan terlalu kecil. Jangan sampai ukuran kepala lebih besar atau kakinya besar sebelah, karena kurang pas dari segi estetik.

Ada juga tes Pauli, menghitung angka penjumlahan cukup banyak dari satu lembar kertas besar seperti koran, untuk triknya yaitu coba menghafal terlebih dahulu penjumlahan dibawah angka 10. Saat pengawas mengetuk palu usahakan soal yang kalian kerjakan  tiap ketukan stabil atau paling tidak sama jumlahnya, misal ketukan pertama 2 baris dapat kalian jawab, ketukan kedua sebaiknya juga 2 baris,  jika lebih atau kurang sedikit tak apa. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk menguji konsentrasi dan daya tahan otak kita dalam berfikir, kurang lebih begitu. 

Bagian diskusi kelompok saya hanya beri sedikit tips yaitu jangan terlalu menguasai kelompok atau banyak bicara, cukup bicara seperlunya saja, namun juga jangan terlalu pendiam, usahakan sedikit aktif dan memberi solusi, karena disini yang dilihat adalah keaktifan dalam memecahkan masalah yang diberikan pada kelompok tersebut. 

Selanjutnya tes kesehatan, tentunya tahapan tes kesehatan ini bisa kalian temui jika sudah lolos tes psikotest terlebih dahulu. Pada tes kesehatan, tidak ada tips khusus, karena ini sudah kewenangan bagian laboraturium, jadi usahakan makan makanan yang sehat dan jaga pola hidup sehat saja, biasa disuruh puasa kurang lebih 8-10 jam untuk diambil urin dan darah. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya datang lebih awal dari jadwal tes kesehatan, minimal 1 jam, supaya tekanan darahnya stabil dulu setelah perjalanan menuju tempat tes.  

Bagian terakhir sebelum pengumuman kamu diterima atau tidak menjadi karyawan BUMN adalah wawancara.  Biasanya sebelum wawancara kalian akan diberi kertas dengan berbagai pertanyaan, nantinya jawaban kamu akan di tanyakan lagi oleh pewawancara. Sedikit tips yaitu berperilaku yang sopan didepan pewawancara, juga jawab pertanyaan sesuai dengan kenyataan, jangan fiktif, karena biasanya jika fiktif saat menjawab pertanyaan pewawancara jadi labil jawabannya,  mengurangi nilai nantinya. 

Diterima atau tidaknya kamu di perusahaan BUMN atau yang diinginkan tentunya harus diiringi dengan doa dan ikhitiar. Tetap bersabar dan jangan patah semangat jika gagal di salah satu perusahaan, masih banyak perusahaan yang lain. Pasti Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi kamu.  Semangat, semoga lolos ya yang ingin masuk jadi pegawai BUMN. Bocoran sedikit, setelah kalian lolos dan dinyatakan diterima, masih ada tahapan prajabatan, biasa setengah tahun lamanya, mulai dari latihan fisik mental bersama tentara, pembidangan pekerjaan hingga OJT (On Job Training)

Sekian tips  dari saya,  semoga bermanfaat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan