Mohon tunggu...
Sissy NH
Sissy NH Mohon Tunggu... Homo Sapiens

Beginikah rasanya menulis?

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

The Belt and Road Inititative: Jalur Sutra, Bukan Kama Sutra

26 April 2019   10:19 Diperbarui: 26 April 2019   11:18 96 0 0 Mohon Tunggu...

JALUR SUTRA atau SILK ROAD

Tanpa teks,  President China yakni Xi Jinping,  baru-baru ini menyampaikan pidatonya di depan forum KTT BRI (The Belt and Road Initiative). 

Presiden Xi kental bicaranya dalam mengingatkan kejayaan Silk Road atau Jalur Sutra di masa lampau. 

Berdasarkan definisi Wikipedia,  Jalur Sutra adalah sebuah jalur perdagangan melalui Asia yang menghubungkan antara Timur dan Barat dengan dihubungkan oleh pedagang, pengelana, biarawan, prajurit, nomaden dengan menggunakan karavan dan kapal laut. 

HORIZON BARU

Presiden Xu menyiratkan kebanggaannya akan melanjutkan ikon legendaris sejarah perekonomian global yakni Jalur Sutra. China berkomitmen untuk lebih membuka diri lagi. 
Hanya saja kali ini, kawasan integrasi tersebut meliputi trans-continental (lintas benua) yakni China dengan 65 negara2 lainnya. 
Rencananya sih bagus-bagus, janji manis, deh.  Entah retorika belaka atau memang komitmen kuat yg akan sungguh-sungguh hendak direalisasikan.

Di antaranya:- Zero tollerance to corruption (tidak membiarkan tumbuhnya korupsi sekecil apa pun) - meningkatkan cooperation,  yang bersifat win-win solution- tarif diturunkan- proteksi digantikan oleh liberalisasi perdagangan- Cyber connectivity (wih.. keren istilahnya, tapi penulis gaptek tentang ini loh..) - IP protection - intinya integrasi di segala bidang  (termasuk ekonomi, budaya, sport,  turisme, bahkan arkeologi) untuk mencapai Sustainable Development
BEBERAPA BATU SANDUNGAN
Selalu dan selalu saja ada aralnya. Problemnya antara lain:- Debt Trap (Hutang) - Systemic Rival (kompetisi?) 

*

Jika anda ingin tahu bagaimana jalan pemikiran pemimpin dunia tertinggi kedua ini, silakan menyimak berita-berita tentang BRI yang masih tengah berlangsung saat ini. 

VIDEO PILIHAN